Batam

Polresta Barelang Raih Penghargaan Predikat Pelayanan Sangat Baik

Polresta Barelang Raih Penghargaan Predikat Pelayanan Sangat Baik dari Kemenpan-RB

 


TRANSKEPRI.COM.BATAM- Polresta Barelang menerima penghargaan (reward) atas predikat pelayanan sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Selasa (16/02/2021).


Reward tersebut telah diberikan lantaran Polresta Barelang bisa melakukan suatu pelayanan beserta teciptanya pelayanan publik yang baik, di Kota Batam.


"Visi-misi Jokowi dan Ma’ruf Amin ialah, melakukan seluruh Reformasi Birokrasi. Artinya, Presiden menginginkan sebuah kecepatan aparatur pemerintah didalam melayani masyarakat secara baik," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara virtual ‘Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020, Selasa (16/2/2021).


Mulai dari Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, ungkap Tjahyo hingga Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai pada Koramil, beserta Babinsa. 


Dikatakan Menpan RB, untuk melakukan pemberian penilaian, Kemanpan-RB pun melakukan evaluasi dari setiap tahunnya terhadap 209 unit pelayanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro.

 

"Aspek yang menjadi penilaian predikat dari pelayanan prima itu ialah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana maupun sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan sistem pengaduan, hingga ke inovasi pelayanan publik itu sendiri," ungkapnya.


Adapun kepada 12 Polres, Polresta dan Polrestabes yang sudah meraih predikat pelayanan prima tersebut antara lain : 

Polresta Pekanbaru
Polrestabes Palembang
Polrestabes Bandung
Polresta Cirebon
Polres Malang
Polrestabes Surabaya
Polresta Sidoarjo
Polres Gresik
Polres Malang Kota
Polres Banyuwangi
Polres Kulonprogo
Polres Sleman

Sementara itu, 40 Polres, Polresta dan Polrestabes yang mendapat kategori sangat baik, yakni;

Polrestabes Semarang
Polresta Banda Aceh
Polresta Bandung
Polresta Banjarmasin
Polresta Barelang
Polresta Padang
Polresta Pontianak kota
Polresta Yogyakarta
Polres Banjar
Polres Banjarbaru
Polres Banjarnegara
Polres Cilacap
Polres Gowa
Polres Gunung Kidul
Polres Hulu Sungai Selatan
Polres Jepara
Polres Karawang
Polres Kendal
Polres Kendari
Polres Ketapang
Polres Kota Baru
Polres Lamongan
Polres Madiun
Polres Magelang
Polres Magelang Kota
Polres Mojokerto Kota
Polres Musi Banyuasin
Polres Ogan Komering Ulu
Polres Pasuruan
Polres Pasuruan Kota
Polres Payakumbuh
Polres Sambas
Polres Singkawang
Polres Solok Kota
Polres Subang
Polres Sukabumi Kota
Polres Tanah Laut
Polres Tapin
Polres Tuban
Polres Tulungagung


Terkait penghargaan Menpan RB itu dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasinua serta rasa terima kasih kepada Kemenpan-RB yang telah melakukan pemantauan, evaluasi atas kinerja pelayanan publik khususnya di internal Kepolisian.


"Kami akan berusaha terus, untuk dapat meningkatkan di pelayanan publik prima dengan memanfaatkan sistem teknologi infomasi dan kemajuan digital, sehingga pelayanan publik betul-betul merupakan sebuah pelayanan apa yang diharapkan masyarakat dan khususnya memangkas birokrasi," ujar Kapolri.


Oleh sebab itu, ungkapnya, ini Polri telah membuat satu Road Map terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024.


"Inovasi bertujuan, agar pelayanan Polri yang lebih baik ke seluruh masyarakat, dengan sistem pelayanan publik online, disajikannya samsat online, pembuatan SIM online, SKCK online," ujar Sigit.


Sigit pun berharap dengan diberikannya predikat pelayanan prima ini kepada 12 Polres, Polresta dan Polrestabes, dapat menciptakan iklim persaingan sehat, di internal kepolisian, untuk bisa berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi kedepannya.


“Saya ucapkan terima kasih ke-12 Polres upayakan inovasi dan dapatkan predikat prima semoga jadi pemicu rekan lainnya untuk melakukan hal yang sama,” harap Kapolri.


Sementara Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur mengucapkan, selamat beserta apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian rekan rekan Polresta Barelang dalam meraih predikat sangat baik dalam pelayanan publik.


"Semoga prestasi ini dapat menambah semangat dan komitmen kita bersama, untuk meraih pelayanan prima kepada masyarakat kedepannya, dengan yang lebih baik lagi. Amiin," tutur Kombes Pol Yos Guntur. (vnr).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar