Salah Satunya Kesulitan Tidur, Ini Tanda Fungsi Ginjal Anda Menurun

Ilustrasi: Sesak napas

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang.

Fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup. Setiap hari pikiran kita memproses banyak informasi, tubuh kita melakukan ribuan tindakan.

Dan konsekuensi dari tidak berkomunikasi dan menanggapi sinyal-sinyal ini bisa sangat drastis apabila ginjal Anda tidak bekerja dengan baik. Berikut beberapa gejala ginjal Anda tidak bekerja dengan baik.

1. Kesulitan tidur

Ketika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, itu berarti racun tidak dapat keluar dari tubuh melalui urin dan tetap berada di dalam darah. Tingkat racun yang meningkat membuat Anda sulit tidur. Itulah mengapa ketika Anda kurang tidur, Anda meningkatkan kemungkinan penurunan fungsi ginjal.

2. Alami kelelahan, sakit kepala dan kelelahan umum

Ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik mengubah Vitamin D dalam tubuh kita untuk mempertahankan tulang yang kuat dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam produksi sel darah merah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka menghasilkan lebih sedikit EPO. Penurunan sel darah merah (yang membawa oksigen) menyebabkan otot dan otak Anda cepat lelah.

3. Kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat melakukan pekerjaan luar biasa dengan membuang limbah dan cairan ekstra dari darah, membantu memproduksi sel darah merah, dan menjaga jumlah mineral yang tepat dalam tubuh Anda. Kulit yang gatal dan kering menandakan kegagalan ginjal untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang dapat menyebabkan penyakit tulang dan ginjal.

4. Mengalami bau mulut

Ketika kotoran menumpuk di dalam darah, itu mengubah rasa makanan dan meninggalkan rasa logam di mulut Anda. Memiliki bau mulut adalah tanda lain dari terlalu banyak racun dan kontaminasi dalam aliran darah. Selain itu, Anda mungkin berhenti menginginkan daging dan kehilangan nafsu makan secara umum, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

5. Sesak napas

Hubungan antara penyakit ginjal dengan mengalami sesak nafas terutama setelah sedikit usaha disebabkan oleh dua faktor. Pertama, cairan ekstra di dalam tubuh pindah ke paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia membuat tubuh kehilangan oksigen dan ini menyebabkan sesak napas.

6. Bengkak pergelangan tangan dan kaki

Ginjal yang gagal berfungsi dengan baik tidak mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh. Hal ini menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan tangan . Pembengkakan pada bagian bawah tubuh Anda juga bisa menandakan penyakit jantung dan hati atau masalah pembuluh darah kaki.

7. Sakit punggung

Gagal ginjal dapat menyebabkan nyeri punggung yang biasanya dalam dan terletak tepat di bawah tulang rusuk . Bisa dirasakan di bagian depan selangkangan atau area pinggul. Nyeri punggung dan kaki dapat disebabkan oleh kista ginjal, yang merupakan kantung berisi cairan besar yang terbentuk di kidenys, dan merupakan akibat dari penyakit ginjal polikistik.

8. Mata sembab

Tanda awal bahwa sistem filter ginjal Anda rusak adalah timbulnya protein dalam urin, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar area mata. Bengkak di sekitar mata Anda dapat dijelaskan dengan fakta bahwa ginjal Anda mengeluarkan sejumlah besar protein ke dalam urin daripada menyimpannya dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh.

9. Perubahan warna urin

  • Meningkatnya kebutuhan buang air kecil, terutama pada malam hari. Di mana saja antara 4 hingga 10 kali sehari dianggap normal.
  • Melihat darah dalam urin. Ginjal yang sehat menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urin, tetapi jika filternya rusak, sel darah mungkin mulai "keluar" ke dalam urin.
  • Air seni berbusa. Gelembung di urin terutama yang mengharuskan Anda untuk menyiram beberapa kali sampai hilang menunjukkan bahwa protein yang tidak diinginkan ada di dalam urin.

Nah, itulah beberapa gejala apabila ginjal Anda bermasalah.***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar