Masjid Raya Batam Terawat, Tempat Wudhu Bersih, Tinggal Kualitas Sound Dibenahi

Jamaah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah saat menunaikan sholat Jumat

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sejumlah Jamaah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam, mengaku bangga dan senang dengan keberadaan masjid  yang berlokasi di jalan raya Tanjunguncang tersebut. Kendati demikian masih ada hal penting yang perlu mendapat perhatian dari pengelola masjid.

"Kita bangga dengan keberadaan Masjid Raya Batam yang dibangun oleh Pemko Batam ini. Sejauh ini kebersihannya terjaga, tempat wudhu bersih dan airnya tersedia dengan baik, managemen parkir bagus. Namun satu hal yang juga penting diperhatikan, yakni terkait kualitas sound system masjid," ujar Ardiansyah salah seorang jamaah masjid, kepada transkepri.com, Jumat (01/01/21).

Dikatakannya, kualitas sound atau suara yang dimiliki masjid terbesar di Sumatera itu, sebaiknya dibenahi. Karena saat khatib menyampaikan khotbah atau pengajian seringkali suaranya sampai ke telinga jamaah pecah dan kurang jelas.

"Kualitas suara sampai ke telinga jamaah pecah dan bergema, sehingga, apa yang disampaikan penceramah tidak jelas," ujar pria yang berdomisili di Batuaji ini.

Hal senada disampaikan Sandi, jamaah masjid lainnya. Menurut Sandi, buruknya kualitas suara khatib sampai ke telinga para jamaah, bisa disebabkan sejumlah faktor, di antaranya, faktor kualitas sound system, dinding bangunan yang tak dilengkapi peredam dan penceramah yang berbicara terlalu jauh dari mikrofon.

Dino, jamaah lainnya mengeluhkan hal yang sama. Katanya kualitas suara penceramah akan semakin tidak jelas, jika pada saat bersaman hujan turun mengguyur.

"Ya, kualitas suara sampai ke telinga jamaah kurang bagus. Apalagi saat hujan turun, ceramah khatibnya semakin tak terdengar," keluh Dino.

Apapun faktornya, sehingga kualitas suara penceramah sampai ke telinga jamaah menjadi kurang baik kata Dino, sebaiknya hal ini menjadi perhatian bagi pengurus masjid.

"Saya berharap, agar masjid yang megah dan kebanggan kita semua ini, juga harus ditunjang dengan sistem penyuaraan atau sound system yang bagus dan memadai," pungkas Dino. (009)


 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar