Melihat Pacuan Kuda Lumpur di NTB

Pacuan Kuda Lumpur di NTB

 

Dompu - Pacuan kuda menjadi salah satu atraksi di beberapa daerah di Indonesia. Yang beda ada di Dompu, pacuan kuda lumpur oleh joki cilik!

Jika Sumbawa Barat memiliki Barapan Kebo atau karapan kerbau yang diperlombakan di areal sawah yang berlumpur, maka di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki Pacuan Kuda Lumpur. 

Dari namanya, perlombaan ini sudah pasti digelar di areal yang berlumpur seperti sawah. Tepatnya di areal persawahan Kelurahan Monta Baru, Dompu. 

Kegiatan ini cukup unik karena tidak lazim seperti pacuan kuda pada umumnya yang diselenggarakan di gelanggang atau arena khusus. Hanya saja ada persamaan pada joki atau penunggang kuda, yaitu anak kecil yang masih dibawa umur. 

Pucuan kuda lumpur ini cukup ekstrim, karena para joki tidak mengenakkan alat pengaman lengkap. Meski begitu, jika terjatuh maka jatuh di lumpur. 

Di tahun 2019 ini, event pacuan kuda lumpur digelar untuk ketiga kalinya. Pesertanya pun datang dari berbagai daerah seperti dari Kabupaten Sumbawa, Kabupaten dan Kota Bima serta Kabupaten Dompu sendiri. 
Kegiatan ini selenggarakan setiap tahun dan ini merupakan kali ketiga, selain perseta dari Dompu sendiri terdapat juga peserta dari Sumbawa dan Bima yang ikut mendaftar," kata panitia, Ramadhoan pada detikTravel, Kamis (05/12/2019) kemarin.

Untuk dapat melihat dan menyaksikan keseruan pacuan kuda lumpur ini, Anda bisa hadir pada sore hari di lokasi kegiatan, aksesnya sangat mudah karena berada tepat dipinggirkan jalan raya Bima Sumbawa. (007/detik.com)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar