PILKADA 2020

155 Napi Rutan Kelas I TPI Salurkan Hak Politik

Suasana pemilihan di Lapas Kelas 1 TPI

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Ratusan Narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas I Tanjungpinang memberikan hak politik mereka pada Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Jalan Penjara, Kota Tanjungpinang, Rabu (9/12/20).

Partisipasi warga binaan terlihat antusias memberikan hak suara di TPS 32 Aula kawasan Rutan dengan standar protokol kesehatan.

Kepala Rutan Tanjungpinang, Sugeng Hardono menyebutkan sebanyak 155 napi sudah selesai menyalurkan hak suara mereka.

"Alhamdulillah seluruh warga binaan yang termasuk ke dalam DPT turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Mereka semuanya mengunakan hak pilih," kata, Sugeng.

Ia juga menjelaskan sebanyak 173 napi  terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT. Namun dari jumlah DPT itu yang mencoblos sebanyak 155 orang.

"Sisanya ada yang sudah bebas dan pindah ke Lapas. Sisa 155 orang ini semuanya memilih," kata Sugeng.

Ia menyebutkan, proses pencoblosan untuk DPT sudah selesai. Saat ini hanya menunggu pemilih tambahan, 29 pemilih. Mereka terdiri dari Petugas Rutan, Petugas TPS dan warga binaan lainnya.

"Untuk tambahan ada sebanyak 29 orang, 19 petugas dan 10 warga Binaan," jelasnya.

Sugeng mengatakan, jumlah penghuni Rutan Tanjungpinang ada sebanyak 341 orang. Namun yang termasuk kedalam DPT hanya 173 orang. Sisanya bukan warga Provinsi Kepulauan Riau.

"Insya Allah jam 16.00 WIB nanti sudah selesai, dan hasilnya sudah diketahui, kita juga menyediakan televisi didepan kamar tahanan, jadi mereka bisa menyaksikan nanti melalui TV hasil penghitungan suara," ujarnya.

Dalam pelaksanaan ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat saat pencoblosan.

"Semuanya sesuai standar, hari biasa juga kita menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat," ucapnya. (mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar