Gempa Guncang Simeulue Aceh Selasa Dini Hari

Ilustrasi: Gempa

TRANSKEPRI.COM.ACEH- Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Sinabang di Kabupaten Simeulue, Aceh, pada Selasa (1/12) dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa itu terjadi pukul 00.14 WIB di sekitar 66 kilometer barat laut Sinabang di kedalaman 26 kilometer.

BMKG menyatakan bahwa pusat gempa itu berada di koordinat 2,97 LU dan 96,04 BT. Menurut BMKG, gempa ini tak berpotensi tsunami, tapi masih ada kemungkinan terjadi guncangan susulan.

BMKG mencatat setidaknya ada 11.573 kali gempa bumi di Indonesia dalam berbagai magnitudo dan kedalaman sepanjang tahun lalu.Sebagaimana dilansir Antara, gempa bumi memang kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalu Cincin Api Pasifik.

Aceh sendiri merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan gempa. Provinsi itu bahkan pernah diguncang gempa dahsyat dengan magnitudo 9,0 pada 26 Desember 2004.

Gempa yang berpusat di Samudera Hindia di kedalaman sekitar 10 kilometer itu diikuti dengan gelombang tsunami setinggi sekitar 20 meter. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar