Meranti

Bank Riau Kepri Salurkan CSR Untuk 3 RKB Pesantren

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Saat Penyerahan Program CSR Bank Riau Kepri

 

TRANSKEPRI.COM.MERANTI- Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchori, melakukan peresmian 3 ruang kelas baru Pesantren Darul Fikri, Selatpanjang.

 Bangunan tersebut merupakan bantuan CSR Bank Riau-Kepri dalam rangka mendukung Pemkab Meranti mencetak generasi muda yang Islami, Cerdas dan Berakhlak Mulia. Acara dilakukan di Pondok Pesantren Darul Fikri, Kota Selatpanjang, Senin (19/10/2020).


Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan CSR Bank Riau-Kepri berupa ruang kelas baru oleh Dirut Bank Riau-Kepri Andi Buchori kepada Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si. Selain itu juga dilakukan penyerahan bangunan 2 ruang kelas baru MA An Nur Kejuran Desa Anak Setatah.


Dilanjutkan dengan peresmian ruang kelas baru Pesantresn Darul Fikri bantuan CSR Bank Riau-Kepri, langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita dan peninjauan ruang asrama Pesantren Darul Fikri yang cukup representatif tersebut.


Selain melakukan peresmian Bupati Irwan juga menyerahkan bantuan beras sebanyak 1 Ton untuk Logistik Santri.


Pada kesempatan itu, Pimpinan Yayasan Fitrah Madani dan pengelola Pesantren Darul Fikri Ustadz H. Fauzy, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab. Meranti dan Bank Riau-Kepri atas segala bantuan dan dukungan yang telah diberi untuk pengembangan Pesantren Darul Fikri, ia berharap dengan bantuan ini dapat mewujudkan misi dan tekat Pesantren Satu Rumah Satu Penghafal Quran dan mampu mencetak kaderisasi ulama di Kepulauan Meranti.


Untuk mewujudkan generasi yang Islami, Cerdas dan Berakhlak Mulia, Pesantren Darul Fikri dijelaskan Ustad Fauzy, menerapkan 3 pendidikan utama yakni bisa berbahasa Arab, bisa berbahasa Inggris dan menguasai Kitab Kuning. 


Untuk menunjang proses pembelajaran Pesantren Darul Fikri, menggunakan tenaga pengajar jebolan Arab/Mesir seperti Guru Bahasa Arab Mirwan Rosyadi yang merupakan Alumni Mesir, dan masih banyak lagi guru-guru dari Pesantren terbaik di Indonesia.


Dikatakan Ustadz Fauzy menghafal Quran adalah tujuan pokok Pesantren Darul Fikri karena jika Santri berhasil menghafal Quran maka akan memudahkan untuk mempelajari ilmu lainnya.


Pesantren Darul Fikri memiliki 3 Asrama, 3 Ruang Kelas Full AC dan I Masjid seluas 18X21 yang masih dalam proses pembangunan. Jumlah Santri sudah mencapai 160 orang bukan saja berasal dari Kabupaten Meranti tapi juga Kota Pekanbaru, Batam dan Tj. Balai Karimun yang telah berhasil menjadi Hafiz dan Hafizal yang hafal Al-Quran 11 Juz.


Jika sekarang masih mendidik para Santri tingkat SMP, kedepan Darul Fikri berencana akan meningkatkan ke tingkat SMP dan Perguruan Tinggi, namun syaratnya Pesantren yang dibangun diatas lahan seluas 3.5 Ha ini harus diperluas lagi. Setidaknya untuk perluasan tersebut Pesantren Darul Fikri membutuhkan lahan seluas 3 Ha lagi yang kini masih diupayakan. 


"Setidaknya kita butuh dana 1.3 Miliar lagi untuk ganti rugi lahan seluas 3 Ha, dan untuk ini kami juga telah membuka Donasi melalui rekening yang kini sudah terkumpul sebanyak 60 Juta," jelasnya.


Kedepan pengelola Pesantren Darul Fikri berencana akan membangun 8 Lokal baru untuk Santri Putra dan Putri, menyusul ruang perpustakaan, labor, kantor dan lainnya untuk itu Ustadz Fauzy berharap dukungan dari Pemda Meranti dan pihak-pihak lainnya.


Dirut Bank Riau-Kepri, Andi Buchori, dalam sambutannya berharap dengan adanya bantuan ini dapat mendukung Pemkab. Meranti dalam melahirkan Hafiz dan Hafizah yang banyak yang mampu menjadi calon pemimpin Islami, Cerdas dan Berakhlak Mulia.


Dan Andi berjanji akan terus menyalurkan bantuan CSR Bank Riau untuk masyarakat Meranti sesuai dengan laba yang diperoleh dan besaran saham Pemerintah Daerah.(004)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar