Jadwal Pengumuman SBMPTN 2020 Diundur

SBMPTN 2020

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Berdasarkan rilis resmi yang diedarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Rabu, 24 Juni 2020, terdapat perubahan jadwal hasil pengumuman SBMPTN 2020 yang perlu ketahui, nih!

Apabila sebelumnya hasil pengumuman Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 dijadwalkan pada 25 Juli 2020, surat edaran baru mengumumkan bahwa jadwal pengumuman SBMPTN 2020 akan diundur menjadi tanggal 20 Agustus 2020. Perubahan ini terutama dikarenakan kondisi terkini yang berbeda dibandingkan situasi pada masa pendaftaran SBMPTN 2019 hingga pengumumannya tahun lalu.

Nasih juga menambahkan bahwa penyelenggaraan UTBK pun wajib memerhatikan status perkembangan situasi terkini selama pandemi Covid-19 di semua Pusat UTBK PTN. Di samping itu, pelaksanaannya juga perlu mendapatkan izin dari Satgas Covid pada masing-masing daerah. Hal ini sejalan dengan arahan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti Kemdikbud) serta Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia dalam rangka untuk mengurangi risiko persebaran Covid-19.

Berdasarkan keterangan dari Mohammad Nasih sebagai Ketua Pelaksana LTMPT, perubahan jadwal ini dikarenakan penyelenggaraan UTBK pada situasi new normal alias normal baru. Sebab, penyelenggaraan UTBK juga tetap wajib mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat.

Detail Penting Perubahan Jadwal SBMPTN 2020

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak poin-poin berikut ini terkait dengan perubahan jadwal penyelenggaraan tes UTBK hingga jadwal hasil pengumuman SBMPTN berikut ini, ya!

1. Waktu pelaksanaan tes UTBK.

Penyelenggaraan tes UTBK mengalami perubahan dari yang awalnya akan dilakukan sebanyak 4 (empat) sesi menjadi hanya 2 (dua) sesi. Rincian penyelenggaraannya adalah sebagai berikut:

Sesi 1 berlangsung pukul 09.00 s.d 11.15 waktu setempat.
Sesi 2 berlangsung pukul 14.00 s.d 16,15 waktu setempat.

Seperti yang bisa kamu amati, terdapat jeda waktu antara sesi 1 dan sesi 2 selama 2 jam 45 menit. Waktu tersebut akan digunakan untuk penerapan protokol kesehatan demi keamanan dan keselamatan peserta dan panitia pada saat pergantian sesi.

2. Tahap pelaksanaan tes UTBK

Tes UTBK akan diselenggarakan dalam 2 (dua) tahap dan jadwalnya adalah sebagai berikut:

Tahap 1 berlangsung pada 5 s.d 14 Juli 2020.
Tahap 2 berlangsung pada 20 s.d 29 Juli 2020.

3. Jadwal pengumuman SBMPTN

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya, pengumuman SBMPTN 2020 akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020 nanti.

4. Peserta domisili luar kota/kabupaten/provinsi

Jika kamu adalah peserta yang berdomisili di luar kota/kabupaten/provisi dan tidak bisa hadir untuk mengikuti tes UTBK di Pusat UTBK PTN karena alasan keselamatan dan kesehatan, kamu bisa mengikuti tes di Mitra UTBK Tambahan yang ada di daerah setempat. Lokasinya dipilih oleh Pusat UTBK PTN yang bekerja sama dengan SMA/sederajat Mitra yang telah memenuhi persyaratan. Hal yang sama juga diterapkan kalau lokasi Pusat UTBK PTN setempat belum bisa menyelenggarakan tes yang disebabkan oleh alasan tertentu.

5. Jadwal ulang dan relokasi tempat tes

Apabila harus dilakukan penjadwalan ulang dan pemindahan tempat tes, proses ini akan dilaksanakan LTMPT dan Pusat UTBK PTN. Tentunya, semua peserta UTBK-SBMPTN termasuk kamu akan diinfokan lewat saluran informasi resmi.

6. Cetak Kartu Tanda Peserta Baru

Karena perubahan jadwal pengumuman SBMPTN 2020 di atas, kamu bisa kembali login ke portal LTMPT agar kamu bisa mencetak kembali Kartu Tanda Peserta Baru. Hanya saja, waktu pencetakannya akan diumumkan lebih lanjut lewat website resmi LTMPT.


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar