Kapal Perang AS-Jepang Latihan di Laut Cina Selatan

Kapal Perang AS

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Kapal tempur milik Amerika Serikat, USS Gabrielle Giffords menggelar latihan bersama dengan dua kapal angkatan laut Jepang, JS Kashima dan JS Shimayuki, di Laut China Selatan pada Selasa (23/6).

Komando Militer Amerika Serikat di Pasifik (USPACOM) mengatakan latihan itu digelar untuk "menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi dalam operasi bersama" antara dua negara bersekutu itu.

"Kesempatan untuk beroperasi bersama dengan mitra dan sekutu kami di laut sangat penting untuk meningkatkan kesiapan dan kemitraan kami," ucap 

Komanan Expeditionary Strike Group (ESG) 7 USPACOM, Laksamana Muda Fred Kacher, melalui pernyataan yang dirilis situs USPACOM.

Kacher menuturkan latihan ini penting untuk memelihara kawasan Indo-Pasifik, termasuk Laut China Selatan, "yang bebas dan terbuka".

Latihan ini digelar ketika situasi di Laut China Selatan bergejolak lagi terutama setelah China kian mempertegas klaimnya atas 90 persen wilayah perairan itu.

Sejak awal tahun, China terus mengerahkan kapal-kapal ikannya dan kapal penjaga pantai ke Laut China Selatan. Pengerahan ini bahkan sempat menimbulkan friksi antara China-Malaysia dan China-Indonesia di awal tahun.

Baru-baru ini, kapal China bahkan menyerang dan menenggelamkan kapal ikan Vietnam di Laut China Selatan, tepatnya di dekat zona ekonomi eksklusif Vietnam yang juga diklaim Tiongkok.(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar