627 Calon Jemaah Haji Batam Batal Berangkat Tahun 2020

Ilustrasi: Jemaah haji Indonesia

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Bagi Calon Jemaah Haji tahun 2020 atau 1441 H sepertinya harus berbesar hati. Sebab, Pemeribtah melalhi Kementrian Agama telag memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar mengatakan, keputusan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 ini sudah final. Kata dia, keputusan ini juga sudah dibahas bersama MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan anggota dewan pusat.

"Keputusan tidak berangkat tahun ini sudah final, mudah-mudahan bisa diterima dengan calon jemaah haji yang akan berangkat," kata Zulkarnain, kemarin.

Kata dia, untuk jemaah haji tahun 2020 terdapat 627 orang asal Batam yang direncanakan berangkat tahun ini. Tapi sambungnya, karena keberangkatan tahun ini dibatalkan atau ditunda, maka akan diberangkatkan pada mhsim haji tahun depan.

"Ini merupakan keputusan terbaik ditengah kondisi pandemi aaat ini. Kami berharap para calon jemaah haji dapat bersabar," ujarnya.

Untuk mempermudah penyampaian informasi ke semua jemaah, Kemenag Batam akan mengerahkan petugas Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di 12 kecamatan. Petugas nanti akan menyampaikan informasi penundaan ini melalui grup haji yang ada.

“Di tiap kecamatan ada koordinatornya. Kalau mengumpulkan jemaah sebanyak itu di kondisi sekarang ini sepertinya tidak mungkin. Maka kami memanfaatkan grup per KUA,” terang Zulkarnain.

Terkait paspor haji yang sudah dikumpulkan untuk pengurusan visa, menurut Zulkarnain akan dikembalikan kepada jemaah.

Ia mengatakan apabila ada calon jemaah yang ingin membatalkan keberangkatan, misal karena lanjut usia atau masalah kesehatan, boleh mengajukan pengunduran diri. Uang yang sudah dibayar dapat dikembalikan ke jemaah tersebut.

“Kami akan bantu apapun yang dibutuhkan jemaah, termasuk bagi mereka yang ingin mengundurkan diri. Nanti akan kami bantu sesuai prosedur,” kata dia.(bayu)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar