TIGA PASIEN POSITIF DI BATAM SEMBUH

Satu Balita Perempuan Dinyatakan Positif Corona

Ilustrasi: Balita

Seorang Balita Positif Covid-19 

TRANSKEPRI.COM, BATAM - Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kembali merilis penambahan satu orang pasien positif Covid-19. Namun di hari yang sama ada tiga pasien yang sembuh dan dinyatakan negatif hasil pemeriksaan swab yang diterima dari BTKLPP Batam.

Meskipun ada penambahan satu pasien positif Covid-19, tapi tingkat kesembuhan pasien cenderung lebih tinggi. Hal ini menunjukkan Kota Batam menuju trend positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif yang sembuh.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pasien positif Covid-19 saat ini pasien tersebut anak di bawah lima tahun (Balita) berjenis kelamin perempuan berusia 3 tahun 8 bulan. Kata dia, balita tersebut merupakan anak kandung dari kasus terkonfirmasi positif nomor 45.

"Ini masih ada sangkutannya dengan pasien nomor 32 seorang WNA yang telah meninggal dunia," kata Rudi.

Sebelum dinyatakan positif sambungnya, Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang terhadap kasus positif nomor 45 yang berkaitan erat dengan kasus positif nomor 32, maka pada tanggal 
05 Mei 2020 yang bersangkutan bersama ibu dan 6 (enam) orang saudara kandungnya dilakukan 
pemeriksaan RDT dengan hasil dinyatakan “Non Reaktif”. 

Namun sambung Rudi, setelah ayahnya dinyatakan terkonfirmasi positif, pada tanggal 14 Mei 2020 yang bersangkutan bersama ibu dan 6 (enam) orang saudara kandungnya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima pada hari ini dan 
dinyatakan Terkonfirmasi “Positif, sedangkan hasil pemeriksaan swab ibu dan seluruh saudara kandungnya yang lain dinyatakan terkonfirmasi “Negatif”.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dan keluarganya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini masih dalam isolasi/karantina mandiri di rumahnya di bawah pengawasan dan pemantauan oleh Tim penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang Batam.

Dalam rangka tindak lanjut penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap kasus ini, ibu beserta anak-anak tersebut oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang telah dijadwalkan kembali untuk dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dalam waktu dekat," ucapnya.

Sementara pasien yang sembuh meliputi dari Desi Suwardi (51) merupakan crew KM Kelud yang dirawat di RSD Covid-19 Galang, Novi Mariastuti (41) perempuan ASN Nakes Dinkes Batam dan Rhevina Thamrin (16) perempuan seorang pelajar yang dirawat di RSUD Embung Fatimah Batam.

"Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari," ujarnya.(bayu).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar