Batas Waktu Pengembangan Vaksin Corona Belum Diketahui

Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA-  Vaksin virus corona hingga kini belum ditemukan.  Badan Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan tak bisa menentukan dengan pasti kapan vaksin virus corona (Covid-19) bisa selesai dikembangkan.

Kepala teknis tim tanggap corona WHO, Dr. Maria Van Kerkhove, mengatakan pengembangan vaksin membutuhkan proses yang sangat detail dan waktu yang tak sebentar.

"Kita telah melihat komunitas global bekerja sama memerangi virus ini. Pabrik manufaktur, pemimpin negara, ilmuwan, untuk mempercepat pengembangan vaksin. Semua orang ingin tahu secara pasti berapa lama ini akan berlangsung," kata Van Kerkhove dalam CNN's Global Town Hall pada Kamis (14/5).

Dalam diskusi itu, Van Kerkhove juga menegaskan seluruh pihak di dunia harus memiliki akses yang sama dan adil terhadap vaksin ketika sudah ditemukan.

Menurutnya, akses yang adil terhadap vaksin merupakan kunci mencapai kondisi stabil untuk menekan transmisi virus corona di dunia sehingga masyarakat global bisa kembali menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kita perlu memastikan bahwa vaksin bisa diakses oleh semua orang di planet ini. Jadi virus ini akan ada bersama kita sehingga kita perlu menemukan cara untuk mencapai kondisi stabil di mana kita dapat menekan transmisi secara cukup dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari," ujar Van Kerkhove.
"Kami tidak bisa memberikan jawaban soal ini karena (pengembangan vaksin) ini membutuhkan waktu untuk diteliti dan memasuki proses uji coba untuk melihat apakah ini aman dan efektif digunakan," paparnya menambahkan. (007)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar