BATAM

260.000 Paket Sembako Mulai Dibagikan Hari Ini

Walikota Batam, HM Rudi

TRANSKEPRI.COM, BATAM - Hari ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam membagikan bahan pangan pokok untuk masyarakat Batam yang terdampak Covd-19. Ada sekitar 260 ribu paket sembako yang akan dibagikan.

"Hari ini sembako mulai didistribusikan, ada 260 ribu paket," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Kata Rudi, pembagian sembako ditahap awal ini berasal dari anggaran Pemko Batam sebanyak 192 ribu paket. Kelebihamnya sekitar 68 ribu paket sumbangan dari para pengusaha.

"Paket sembakonya terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 1 kg gula. Ada juga sebagian paket berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan susu kental manis," ucapnya.

Kata Rudi, setelah ini, Pemko Batam rencananya akan kembali menggelontorkan bantuan sembako pada awal Mei mendatang. Kata dia, bantuan tersebut akan disiapkan untuk waktu 6 bulan dan pembagiannya akan dilakukan perbulan.

Rudi menyebutkan, bantuan sembako tersebut bersumber dari Pemerintah Provinsi Kepri dan BP Batam. Kata dia? sembako tahap dua nanti akan berisi 10 kg beras, 3 liter minyak goreng dan 1 dus mie instan.

"Pak gubernur juga bantu, Pemko dan BP Batam juga akan kita siapkan. Pemko Batam sendiri sudah menganggarkan melalui realokasi anggaran," sebutnya.

Rudi mengharapkan, bantuan yang diberikan bisa mengurangi beban kehidupan yang berdampak masa krisis akibat Covid-19. Meskipun sambungnya, bantuan yang diberikan belum cukup memenuhi kebutuhan warga.

Rudi juga akui tidak semua warga akan mendapat bantuan ini karena keterbatasan anggaran pemerintah. Dari total 415 ribu kepala keluarga, pemerintah hanya bisa membantu 260 ribu paket sembako. Oleh karena itu ada kriteria yang akan dibuat pemerintah dalam penyaluran sembako ini. Bagi warga yang dianggap masih mampu secara ekonomi, diminta untuk penuhi kebutuhan sendiri.

"Datanya sudah di kecamatan. Sudah by name, by address, by phone. Nanti saat pengambilan kita minta yang ambil kepala keluarga atau istrinya yang menandatangani,” sebut Rudi.(bayu)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar