Tertahan di Batam, Belasan Kru dan Penumpang KM Kelud Terindikasi Miliki Gejala Mirip Corona

KM Kelud

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sebanyak 220 calon penumpang KM Kelud tujuan Belawan, Medan dari Batam batal diberangkatkan.

Bukan tanpa alasan, hal itu diakibatkan adanya beberapa penumpang dan kru kapal yang dikabarkan sakit.

Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Anina membenarkan adanya pembatalan pelayaran penumpang naik.

“Penumpang yang naik atau berangkat dari Batam sudah dibatalkan oleh pihak Pelni, sekarang lagi proses penumpang keluar terminal,” ujarnya, Minggu (12/4/2020).

Ia mengungkapkan, ada sekitar 100 orang yang masih berada di dalam kapal. Pihak Pelni menurutnya masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dari petugas kantor kesehatan pelabuhan.

“Saat ini pihak KKP masih mengecek kesehatan sejumlah kru kapal lainnya,” ucapnya.

Dari jumlah itu, sebanyak 13 orang kru kapal terindikasi memiliki gejala mirip Covid-19.

“Sekarang masih dalam pemeriksaan dan menunggu hasil dari KKP. Akan kami laporkan setelah kami memperoleh datanya," ucapnya.

Sebelumnya petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan Kota Batam, Minggu (12/04/2020) siang diperiksa kesehatannya secara menyeluruh terhadap kru KM Kelud yang tiba dari Jakarta di pelabuhan Macobar, Batu Ampar, Kota Batam, Kepri.

Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Survei Lan Evidemiologi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Batam, Romel Simanungkalit, saat dihubungi Tribun mengatakan melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan seluruh kru KM Kelud.

“Dilakukan pemeriksaan kepada seluruh kru kapal, beberapa penumpang ada yang sakit. Tapi masih diperiksa,” ujarannya.

Bahkan adanya informasi kapal KM Kelud gagal berangkat ditepisnya langsung.

Bukan gagal berangkat, sebentar lagi mungkin berangkat. Namun petugas masih melakukan pemeriksaan.

Senada hal yang sama Kapolsek kawasan khusus pelabuhan kota Batam, AKP Syaiful Badawi juga membenarkan ada pemeriksaan seluruh penumpang di dalam kapal.

“Terkait penundaan keberangkatan kapal, saya tidak tahu. Kami dipelabuhan sistemnya hanya pengamanan saja. Coba langsung ke KSOP lah,” ucapnya.

Kepala Kantor Kesyahbaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Batam, Sanggam masih menunggu Koordinasi pihak Pelni.

“Kantor Kesehatan Pelabuhan masih melakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19 terhadap Crew Km Kelud tujuan Batam ke Belawan. Masih sedang berlangsung,” ujarnya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar