329 Pati TNI Dimutasi, Danpuspomad Dijabat Bintang Tiga

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahyanto

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap perwira tinggi. Kali ini 329 pati dari tiga matra yang akan berganti jabatan.

Seiring mutasi, terjadi pula penataan kembali organisasi TNI (validasi organisasi). Selain itu, muncul pula sejumlah organisasi baru di beberapa institusi. Validasi organisasi antara lain mencakup jabatan komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad).

Berdasarkan mutasi dan promosi jabatan yang tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/385/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, jabatan Danpuspomad kini dipercayakan kepada Letjen TNI Dodik Wijanarko.

Dodik saat ini menjabat Staf Khusus Panglima TNI. Dia akan menggantikan Mayjen TNI Rudi Yulianto yang digeser sebagai Wadanpuspomad. Dengan kata lain, Rudi akan menjadi wakil Dodik.

Dengan penunjukan ini, untuk pertama kalinya jabatan Danpuspomad akan diisi jenderal bintang tiga. Dalam sejarahnya, Danpuspomad sejak era 1997 selalu dipercayakan kepada jenderal bintang dua (mayjen TNI).

Dodik sesungguhnya bukan orang baru di Puspomad. Alumnus Akademi Militer 1985 ini pernah menjabat Danpuspomad pada 2015. Tak sampai setahun, dia naik pangkat dengan menjabat Danpuspom TNI.

Karier jenderal kelahiran Kediri, Jawa Timur ini makin moncer dengan dipercaya sebagai Irjen TNI (2017-2018). Setelahnya prajurit dari kecabangan Corps Polisi Militer (CPM) ini ditunjuk sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Menariknya, Dodik sampai saat ini merupakan satu-satunya mantan Danpuspomad yang meraih pangkat letjen alias jenderal bintang tiga.

Panglima TNI menegaskan bahwa mutasi dan promosi jabatan merupakan hal biasa untuk pembinaan karier. "Mutasi jabatan di lingkungan TNI untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman, Sabtu (11/4/2020). (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar