13 Wartawan Dinyatakan Kompeten UKW BP Batam-SMSI Kepri

Ketua SMSI Batam, Indra Helmi saat memberikan sambutan pada penutupan UKW yang digelar BP Batam-SMSI Kepri, Sabtu (13/07/24) di Aula IT Center BP Batam. (ist)

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Sebanyak 16 wartawan dinyatakan kompeten setelah mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW) yang digelar BP Batam dengan menggandeng Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepri dan UPN Veteran Yogyakarta, dari Kamis (11/7/2024) sampai Sabtu (13/7/2024).

UKW tersebut berlangsung di lantai tiga IT Center BP Batam.

Dalam uji kompetensi bagi wartawan Muda, Madya, dan Utama itu, sebanyak 16 peserta berjuang untuk mendapatkan sertifikat hasil ujian yang diikuti.

“Dari 16 peserta, 13 wartawan dinyatakan kompeten. 3 wartawan belum kompeten di tingkat yang diikuti,” kata Ketua Tim Penguji UKW UPN Veteran Yogyakarta Arif Wibawa, mengumumkan.

Arif berpesan, bagi peserta yang belum kompeten, untuk terus belajar dan jangan menyerah untuk mengukuti UKW di lain waktu.

"Bagi yang sudah kompeten, jangan sombong dengan hasil yang didapatkan. Tapi teruslah tingkatkan kualitas jurnalistik," ujarnya.

Sementara Ketua SMSI Kepri Rinaldi Samjaya mengatakan melalui UKW ini, menghasilkan wartawan yang handal dalam kualitas dan berkompeten.

"Peserta UKW yang dinyatakan kompeten jangan berpuas hati. Kami berharap setelah lulus UKW, teman-teman bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam membuat sebuah produk jurnalistik," kata Aldi panggilan akrab Rinaldi Samjaya.

Untuk yang belum kompeten, jangan berkecil hati dan terus belajar.

"Belum kompeten bukan berarti tidak bisa kompeten. Tingkatkan kualitas jurnalistik,  insyallah saat ikut UKW lagi akan kompeten,” katanya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BP Batam yang telah memfasilitasi pelaksanaan UKW.

Aldi juga menyampaikan apresiasi kepada BP Batam yang telah mendukung kegiatan UKW dan selama ini cukup konsisten menjalin sinergi yang baik dengan wartawan dan media.

“Terima kasih kepada Kepala BP Batam, bapak Haji Muhammad Rudi yang selalu mensuport media dan wartawan di Kepri. Ke depan kita akan terus bersinergi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Komunikasi Media dan Antar Lembaga BP Batam, Prayuli Irianti mengucapkan selamat kepada peserta UKW yang dinyatakan kompeten.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada Lembaga Uji UPN Veteran Yogyakarta dan SMSI Kepri atas kolaborasi dengan menciptakan wartawan handal melalui UKW," katanya.

Prayuli menyemangati peserta yang belum kompeten untuk tidak berkecil hati. Masi banyak lagi  kesempatan untuk meningkatan SDM.

"Untuk yang kompeten, mari sama-sama kita jadikan Batam Kota Baru dengan dukungan jurnalistik," ujarnya. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar