Semarak HUT Bhayangkara ke-78, Polda Kepri Adakan Tanding Gasing di Natuna

Semarak HUT Bhayangkara ke-78, Polda Kepri Adakan Tanding Gasing di Natuna. Foto : istimewa

TRANSKEPRI.COM, NATUNA - Semarak HUT Bhayangkara ke-78, Polda Kepri mengadakan Tanding Gasing Kapolda Kepri Cup di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Tanding gasing tersebut bakal dilaksanakan selama tiga hari pada 20 hingga 23 Juni 2024 mendatang.

Wakapolres Natuna, Kompol Rudi Ahmad Prasetyo menjelaskan bahwa tanding gasing diadakan Polda Kepri untuk menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

"Tanding gasing ini mengusung tema 'Kepri adalah kita'," ujar Wakapolres Natuna di Tugu Gasing, Ranai, Natuna.

Menurutnya, tanding gasing tersebut merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya tempatan yaitu Melayu.

Seperti diketahui, permainan gasing merupakan permainan tradisional masyarakat Melayu, termasuk Natuna.

"Sebagai persiapan, kami bersama Pemkab Natuna dan sejumlah instansi, bahu membahu merapikan dan membersihkan lapangan Tugu Gasing ini," kata Kompol Rudi.

Kegiatan tersebut pun dinilai sangat positif oleh Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar yang ikut hadir mempersiapkan lapangan tugu gasing di Kelurahan Bandarsyah itu.

"Kami mendukung sepenuhnya, kami juga berterima kasih kepada Polda Kepri dan Polres Natuna, sebab permainan gasing yang merupakan permainan tradisional masyarakat Melayu Natuna diangkat ke permukaan untuk diikutsertakan dalam HUT Bhayangkara," kata Wan Arismunandar yang juga anggota komunitas gasing Natuna.

Ia pun merasa sangat terhormat dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada komunitas gasing, untuk mempersiapkan pertandingan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, perlombaan tersebut bakal diikuti sebanyak 8 tim dari 7 kecamatan. Yaitu Kecamatan Bunguran Timur 2 tim, Bungurun Timur Laut 1 tim, Bungurun Selatan 1 tim, Bungurun Batubi 1 tim, Bungurun Barat 1 tim, Bungurun Utara 1 tim dab Pulau Tiga 1 tim.

"Satu tim itu ada 20 peserta. Jadi sistemnya ini bukan lewat pendaftaran, tetapi peserta undangan. Total ada 8 tim yang akan bertanding gasing nantinya," kata Wan Arismunandar.

Pantauan di lapangan, sekira pukul 10.30 WIB, tampak sejumlah personel Polres Natuna, Satpol PP, Damkar Natuna dan Anggota DPRD Natuna bahu membahu membersihkan dan merapikan lapangan tugu gasing.

Sejumlah tenda pun didirikan di area tersebut. Tampak pula, fasilitas umum seperti WC atau toilet ikut dibersihkan. Tidak hanya itu, kabarnya plafon tugu gasing juga bakal direnovasi.

"Plafon yang bolong itu nanti bakal kita betulkan, kita pasangkan triplek," kata Wakapolres Natuna, Kompol Rudi Ahmad Prasetyo.(Ham)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar