Xenia Bekas Mulai Rp 50 Jutaan, Spesifikasi dan Harganya

ilustrasI

TRANSKEPRI.COM. JAKARTA - Kendaraan menjadi kebutuhan untuk membantu mobilitas manusia. Namun harga mobil yang terus meningkat membuat sebagian orang tidak mampu untuk membeli unit yang baru. Tetapi sekarang ini banyak mobil bekas yang harganya terjangkau.

Berbagai brand dan tipe pun bisa kamu miliki mengikuti kemampuan kantong kamu, jika dana terbatas maka rekomendasi mobil bekas terbaik adalah Xenia 2022 yang tergolong muda, atau Avanza veloz bekas yang memiliki kelas teratas.

Untuk mobil Xenia bekas sebenarnya bisa kamu bawa pulang hanya Rp 50 jutaan. Dimana harga ini merupakan harga Xenia bekas generasi pertama dengan tahun produksi antara 2004 hingga 2007. Walau bekas tapi generasi pertama ini masih banyak dicari orang.

Spesifikasi Xenia generasi pertama 

Mesin dari Xenia generasi pertama ini umumnya mengusung mesin 1.0liter 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 62 dk pada 5.600 rpm dan torsi 90,2 Nm pada 3.600 rpm.

Sementara sistem transmisinya manual 5 percepatan. Sebagai sebuah MPV yang cukup banyak diminati di zamannya, Xenia tidak hanya menawarkan kapasitas penumpang yang besar saja, tapi juga kehematan bahan bakar dan perawatan yang mudah.

Eksterior

Dari eksterior penampilannya juga sudah modern, hal tersebut masih banyaknya orang yang menggunakan MPV pabrikan Daihatsu. Dilihat bagian depan memiliki grille melengkung ke bawah. Tetapi lampu turningnya memang tak seramai keluaran terbaru.

Untuk bumper depannya sendiri dilengkapi lubang udara yang bisa dibilang cukup besar. Sementara itu, untuk bagian pintunya sendiri masih bisa dibilang masih sederhana. Bisa dilihat bahwa Xenia generasi pertama ini hanya terlihat garis bodi lurus dari fender depan dan belakang.

Pada bagian ban dan velg, Daihatsu generasi pertama ini menggunakan ban berukuran 205/65 R15 dipasang untuk menanggung beban kendaraan dengan velg kaleng. 

Sedikit informasi, beberapa tipe dari Xenia keluaran 2004 ini sudah dibekali spoiler lengkap dengan high mount stop lamp. Namun memang belum dilengkapi sensor parkir seperti Xenia keluaran sekarang.

Interior

Berbicara interior, maka Xenia generasi pertama ini memiliki ruang yang cukup luas. Ya, mobil ini cukup luas untuk membawa banyak penumpang setidaknya bisa menampung 7 hingga 8 penumpang. Dan ada beberapa juga yang memanfaatkannya sebagai tempat usaha.

Fitur

Untuk fitur tentunya mobil ini memiliki fitur yang lengkap dan berlebih di jamannya. Xenia ini memiliki headrest dan sabuk pengaman untuk semua penumpang. Namun perlu dicatat, mobil ini belum memiliki fitur keselamatan seperti airbag. 

Dan tentu mobil ini belum dilengkapi fitur pengereman ABS. Untuk sarana hiburan, mungkin untuk pemilik pertama mobil ini sudah menggantinya yang lebih modern. Namun jika tidak mungkin kamu masih mendapatkan audio 1DIN yang hanya bisa mendengarkan Radio dan memutar CD Player.

Perkembangan generasi Xenia 

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, mobil ini menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya sangat diminati. Keunggulan mobil ini antara lain kabin yang lega, banyak fitur andalan, serta mesin bertenaga sehingga cocok digunakan sebagai mobil sehari-hari.

Xenia telah mengalami banyak perubahan. Terakhir, mobil tersebut mendapat penyegaran pada tahun 2021 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Langkah ini sekaligus menunjukkan bahwa Xenia sudah memasuki generasi ketiga. 

Generasi pertama (2004-2011) 

Daihatsu Xenia generasi pertama diperkenalkan pada tahun 2003 dan pada tahun berikutnya baru dirilis di Indonesia. Mobil tersebut ditawarkan dalam tiga varian yakni Mi, Li dan Xi.  Varian Mi an Li bermesin 1.000 cc, sedangkan Xi sebagai model papan atas bermesin 1.300 cc. Meski ukuran mesinnya berbeda, ketiganya menggunakan transmisi manual lima percepatan.

Generasi kedua (2011-2021) 

Generasi kedua Daihatsu Xenia baru hadir pada tahun 2011 dengan perbedaan cukup signifikan dengan model sebelumnya. Jika sebelumnya ingin memiliki struktur melingkar, mobil generasi kedua ini tidak lagi memiliki desain tersebut dan mengusung bagian yang disebut pada bodi.

Selain itu, Xenia generasi kedua ditawarkan dalam model berbeda. Tersedia empat model berbeda yaitu 1.0 D, 1.0 M, 1.3 Selain 1.3 R, semua model mobil masih menggunakan transmisi manual. 

Generasi Ketiga (2021-sekarang)

Seperti yang kita ketahui, Xenia generasi ketiga hadir pada tahun 2021. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian mesin, 1,3 dan 1,5 liter. Masing-masing hadir dalam bentuk berbeda. Untuk model 1.3 liter terdapat varian M, X, R dan R ADS, sedangkan untuk model 1.5 liter hanya terdapat varian R, R ADS dan R ASA. 

Selain itu, Xenia generasi ketiga menggunakan transmisi CVT manual dan otomatis. Meski demikian, model M tetap menawarkan opsi transmisi manual. Perlu diketahui, varian R ASA hanya tersedia dengan transmisi otomatis CVT.

Sekadar informasi, nama ASA pada Xenia merupakan singkatan dari Advance Safety Assist yang merupakan fitur keselamatan terbaru Daihatsu. Sedangkan ADS merupakan singkatan dari Astra Daihatsu Style yang memiliki arti banyak aksesoris seperti aksesoris berwarna hitam dan merah, AC, aksen merah, pola karbon pada dashboard dan karpet tiga dimensi.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas 2024 

Sebenarnya Xenia merupakan mobil dengan harga yang terjangkau. Namun bagi sebagian orang masih menganggap mahal. Untuk harga yang lebih terjangkau maka pilihan adalah membeli Xenia bekas. 

Dilansir dari OLX berikut daftar harga Xenia bekas, diantaranya adalah:

Daihatsu Xenia Bekas 2016 Rp. 120-150 juta 

Daihatsu Xenia Bekas 2017 Rp. 122-162 juta 

Daihatsu Xenia Bekas 2018 Rp. 128-170 juta 

Daihatsu Xenia Bekas 2019 Rp. 150-240 juta 

Daihatsu Xenia Bekas 2020 Rp. 140-170 juta 

Daihatsu Xenia Bekas 2021 Rp. 160-230 juta 

Daihatsu Xenia bekas mulai dijual 2022 antara Rp 170 hingga 210 jutaan 

Daihatsu Xenia bekas rilis tahun 2023 Rp. 180-210 juta 

Deskripsi Daihatsu Xenia bekas 2022

Soal mesin, Daihatsu Xenia 2022 tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama, mesin 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc. Kedua, mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc.

Untuk mesin 1.3 mampu menghasilkan tenaga sebesar 96,5 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 121,6 Nm pada 4200 rpm. Sedangkan mesin 1,5 mampu menghasilkan tenaga 104,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138,2 Nm pada 4.200 rpm.

Selain memiliki mesin yang bertenaga, mobil ini juga memiliki fitur kehandalan dan keselamatan yang baik. Khusus model 1.5 R CVT ASA SC, dilengkapi fitur keselamatan terbaru berupa Advance Safety Assist (ASA) yang meliputi fitur-fitur sebagai berikut: 

  • Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking
  • Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention
  • Front Departure Alert
  • Pedal Misoperation Control

Dari spesifikasi dan harga diatas, kamu bisa menyesuaikan mobil yang kamu inginkan dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki.  Jika memiliki dana dibawah Rp 100 juta maka kamu bisa mencari generasi pertama, jika berada dibawah Rp 200 juta kamu bisa memilih generasi ketiga.


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar