Survei Terbaru Pilwako Batam Hingga 11 Maret 2024, Marlin Ungguli Amsakar

Wakil Gubernur Kepri yang juga bakal calon Wali Kota Batam periode 2024-2029, Marlin Agustina. (dok)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Lembaga Survei Konsepindo merilis hasil survei elektabilitas bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam 2024. Hasilnya, nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina unggul dari Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Survei Konsepindo digelar dari tanggal 5 Maret hingga 11 Maret 2024. Survei ini dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden warga Kota Batam yang berumur lebih dari 17 tahun atau sudah menikah. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Berdasarkan temuan survei lembaga kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen. Di bawahnya ada Amsakar Achmad dengan elektabiltas sebesar 31,1 persen. 

Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen," kata peneliti Konsepindo, Aldo Serena, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/3/2024).

Aldo menjelaskan bukan sesuatu yang mengejutkan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat untuk Pilwakot Batam 2024. Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat, cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Selain itu, Aldo menyebut posisinya sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu. 

Saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

"Tak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya," ucapnya.

Menurut Aldo, pengalaman Marlin menjadi Wagub Kepri dan juga perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal bagi Marlin untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Di bawah Marlin ada Amsakar yang merupakan Wakil Wali Kota Batam berstatus petahana. Aldo menilai Amsakar sejujurnya dirugikan dengan adanya perhelatan pileg-pilpres kemarin sebab konsentrasi publik lebih fokus ke pilpres pileg sehingga sosialisasi pilkada di kesampingkan saat itu.

Dengan demikian, kata Aldo, Amsakar kesulitan meningkatkan elektabilitasnya. Baru setelah pemilu selesai, Amsakar bisa fokus sosialisasi kembali.

Aldo menilai jika Marlin Agustina terus konsisten bergerak dan berhasil meyakinkan publik bahwa estafet kepemimpinan di Batam lebih tepat dilanjutkan olehnya, maka probabilitasnya memenangkan Pilwakot Batam cukup tinggi.

Untuk diketahui, Lembaga Konsepindo terdaftar di KPU RI sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024. Konsepindo juga anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar