Gubernur Sumbar Buka TMMD ke 119 di Kabupaten Pasaman

Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka dengan resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024 di Kabupaten Pasaman, Lubuk Sikaping, Selasa (20/2) transkepri.com/fauzi

TRANSKEPRI.COM.PASAMAN - Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka dengan resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024 di Kabupaten Pasaman, Lubuk Sikaping, Selasa (20/2/2024)

Pembukaan TMMD Ke-119 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Mahyeldi yang didampingi Bupati Pasaman Sabar AS, Kasrem 032/WB Kol (Inf) Josep T. Sidabutar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., dan Dansatgas TMMD Ke-119 Pasaman Letkol (Inf) Putra Negara.

Menurut Gubernur Mahyeldi, pelaksanaan TMMD dimaksudkan adalah meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

TMMD merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Masyarakat, sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa/nagari dengan membangun atau merehabilitasi prasarana wilayah dan fasilitas umum yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Program TMMD terdiri dari program fisik berupa pembangunan infrastruktur dan pembukaan jalan yang diharapkan dapat membuka keterisoliran jorong atau nagari.

"Sedangkan program non-fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi, pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, mencegah paham radikal dan separatisme.

“Penyelenggaraan TMMD secara umum dimaksudkan untuk membantu pemerintah mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Gubernur Mahyeldi.(fauzi)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar