TANJUNGPINANG

BNPT Gelar Seminar Terorisme

Seminar Terorisme

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG – Peran Guru Agama penting dalam upaya pencegahan aliran terorisme. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kepri melatih para Guru Agama menangkal radikalisme dan terorisme di Hotel Comfort jalan Adi Sucipto kilometer 10, Tanjungpinang, Kamis(12/3/20)

Dalam sambutannya, Ketua FKPT Kepri Dr. Fauzi mengangkat tema “Internalisasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Mengembangkan Moderasi Beragama” di mulai dari tingkat pendidikan dasar.

Fauzi menaruh harapan para guru agama dapat menguasai dan menerapkan pola Pendidikan dan Pembelajaran inspiratif serta memberi pemahaman cara membuat materi berbasis TIK.
Peserta pelatihan dan seminar ini adalah para guru agama tingkat PAUD/TK, SD/MI dan SMP/MTS,” katanya.

Kolonel Roedy Widodo,Kasubdit Pemulihan Korban BNPT bertindak sebagai pemateri seminar dan pelatihan menjelaskan cikal bakal tumbuh dan berkembangnya faham radikalisme, terorisme serta sistem yang mereka gunakan dalam melakukan propaganda.

Roedy juga menerangkan, cara kerja kelompok teror yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan forum chat, dan saluran media sosial. Perkembangan media sosial semakin dimanfaatkan oleh kelompok teror dalam menyampaikan pesan.
Menurutnya, peran guru agama sangat penting dalam mengedepankan materi pengajaran keagamaan yang moderat serta selaras dengan wawasan dan semangat cinta NKRI.
“Bentengi keyakinan seluruh umat dari berbagai provokasi, hasutan dan pola rekruitmen teroris di lingkungan masyarakat,” terang Roedy.
Guru agama perlu dilibatkan dalam meluruskan pemahaman radikalisme dan kekerasan baik melalui media pengkajian, tulisan dan kampanye di dunia maya,” tutup Kolonel Roedy.(mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar