Ratusan Pelajar di Palmatak Ikuti Program Khatam Alquran

Peserta Khatam Quran di Kecamatan Palmatak, di Masjid Besar Al-Muttaqin Desa Ladan, Jumat (1/12/2023). (ist)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ratusan Pelajar di  Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berpartisipasi dalam khatam Al Qur'an sebulan sekali.

Peserta yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMU dan Pesantren yang ada di Kecamatan Palmatak, di Masjid Besar  Al-Muttaqin Desa Ladan, Jumat (1/12/2023).

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas H. Abdul Haris, SH, MH, mengatakan kegiatan yang di gelar merupakan program untuk terus menjaga keimanan serta untuk terus menumbuhkan kembangkan minat membaca Alquran sejak dini.

"Alhamdulillah, minat baca di Alquran di Kepulauan Anambas sangat tinggi, namun demikian kita harus tetap menjaganya,"ujar Haris.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengungkapkan, bahwa  di Kecamatan Palmatak sendiri terdapat 8 sekolah Dasar termasuk satu pesantren Az-Zikra, empat SMP termasuk Pesantren Assuniyah dan dua SMA.

Lebih lanjut kata kader terbaik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Provinsi Kepri, kegiatan ini untuk  memperkuat keimanan dan terus menjaga silahturahmi, memberikan pendidikan serta untuk memberikan pelajaran tentang nilai-nilai yang terkandung dalam isi Alquran  sejak dini kepada para generasi muda didaerah ini.

"Tingginya minat para pelajar untuk mengikuti kegiatan menjadi salah satu yang patut diberikan apresiasi, untuk terus menumbuh kembangkan keimanan para generasi muda,"jelasnya.

Orang Nomor satu di Kepulauan Anambas itu membeberkan, Arti Khatam, Khatam Quran, Khataman Alquran, Amalan di Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Doa.

Khatam berasal dari bahasa Arab خَتَمَ

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), khatam artinya tamat atau selesai atau habis.

Kata khatam ini diambil dari bahasa Arab dan biasanya digunakan untuk seseorang yang telah menyelesaikan bacaan  Alquran.

"Besar harapan kegiatan yang dilakukan dapat  memberikan  dan meningkatkan keimanan dimasyarakat dan anak anak pelajar didaerah ini sejak dini,"tandasnya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar