Natuna Dapat Dukungan Kapal Dari Pusat

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Allazi.(transkepri.com/iki)

TRANSKEPRI.COM.NATUNA - Kabupaten Natuna mendapat dukungan kapal dari Kementerian Perhubungan RI. Dukungan ini diberikan untuk menghadapi Peak Season (masa puncak) musim utara.

Hal ini dikemukakan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Allazi di Kantor DPRD Natuna, Selasa 28 November 2023, kemarin.

Ia mengaku, suport kapal itu diberikan berkat permohonan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Natuna ke pusat beberapa waktu lalu.

"Karena prediksi kita musim utara ini akan berdampak parah pada pelayaran. Maka kita bersurat ke Kementerian," kata Allazi.

Adapun kapal yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Natuna ke Kemenhub berupa kapal yang tangguh dan berkapasitas besar sehingga dapat berlayar di perairan Natuna di musim utara.

Tujuannya untuk menjamin pelayaran tetap ada di Natuna pada saat anomali cuaca terjadi.

"Jadi kalau ada kapal besar, transportasi laut tetap ada meskipun gelombangnya tinggi," paparnya.

Ia kemudian mengaku bersyukur karena Kementerian Perhubungan telah memberikan respon yang positif atas permohonan itu.

"Alhamdulillah kita diberi dukungan dua kapal yakni KM Lawit dan Sabuk Nusantara. Lawit ini kapasitasnya besar dan Sabuk Nusantara dapat diandalkan untuk melayani rute antar pulau," jelas Allazi.

Saat ini, kata dia, pelayaran masih memungkinkan untuk dilayani oleh kapal-kapal regional yang bisa melayani Natuna.

"Berdasarkan rencana, Kapal Lawit dan Sabuk Nusantara itu akan mulai beroperasi di Natuna per tanggal 12 Desember Nanti. Kkta tunggu saja, mudah-mudahan transportasi laut kita tetap lancar," pungkasnya. (iki)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar