LIGA INGGRIS

Arsenal Tekuk West Ham 1-0

FC Arsenal

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Arsenal melanjutkan tren positifnya usai mengalahkan sang tamu di Emirates Stadium, London, West Ham United, Sabtu (7/3), dengan kemenangan tipis satu gol tanpa balas.

Sebelumnya, Gudang Peluru meraih satu tiket babak perempat final Piala FA setelah mengalahkan Portsmouth. Itu mengobati kekecewaan tim asuhan Mikel Arteta tersebut akibat disingkirkan oleh Olympiacos dari Liga Eropa, pekan lalu.

Dikutip dari goal.com, Arsenal menguasai pertandingan dengan 69 persen penguasaan bola berbanding 31 persen milik West Ham. Sementara, efektivitas serangan jadi milik anak asuhan David Moyes dengan 6 tendangan ke arah gawang berbanding dua tendangan.

Arsenal memulai pertandingan dengan blunder saat Xhaka menyodorkan bola untuk Jarred Bowen pada menit ketiga. Beruntung bagi The Gunners, tendangannya menghantam tiang usai Leno membelokkan bola dengan jarinya. Sepak pojok.

Menit ke-77, Arsenal memecah kebuntuan lewat pemain pengganti Alexandre Lacazette. Awalnya, tendangan Aubameyang dimentahkan. Ozil, yang mendapat bola liar, menyundulnya dengan tenang ke arah pemain Prancis itu. Lacazette tanpa ampun melakukan sepakan voli ke dalam gawang.Menit ke-12, West Ham kembali memberikan ancaman besar saat Antonio berhasil melewati Leno. Namun, ia malah menyodorkan bola kepada Haller yang gagal menuntaskannya jadi gol.

Ozil membuka peluang bagi Arsenal saat mendapat bola liar yang tak dibuang sempurna oleh Ogbonna. Namun, tendangan pemain Jerman keturunan Turki itu sukses diblok oleh Diop.

Arsenal, yang mulai nyaman memainkan bola-bola pendek ciri khasnya, kembali punya peluang lewat bola liar. Mulanya, sepak pojok Ceballos tak disundul sempurna keluar area Wst Ham oleh Ngakia. Aubameyang mengambilnya, mengumpannya ke arah Sokratis. Nama terakhir gagal menyundul sempurna. Bola menghantam mistar gawang.

West Ham sempat mengancam lewat tendangan jarak dekat Pablo Fornals. Leno kembali mengamankan gawang.

Hingga ujung babak pertama, tak ada peluang lagi tercipta. Hanya saja, Arsenal sempat mengklaim penalti saat Ngakia menjatuhkan Nketiah di dalam kotak. Namun, wasit Martin Atkinson dan VAR tak sepakat.

Pada babak kedua, Arsenal akhirnya bisa menelurkan peluang lewat permainan terbuka pada menit 53. Saka melakukan cut inside dari sisi kanan dan mengirimkan bola untuk Nketiah. Sayang, tendangan first time-nya ditepis oleh kaki Fabianski, yang merupakan mantan Arsenal.

Tak mau kalah, Haller menyontek bola umpan silang dari Creswell. Leno lagi-lagi beraksi sangat cepat meski pandangannya terhalang.

West Ham kembali mengancam lewat Bowen yang menerima umpan terobosan. Tinggal berhadapan dengan Leno, ia gagal melewati sang kiper. Bola dibuang pemain Arsenal lainnya.


Perayaan gol sempat dirusak oleh bendera off side. VAR melakukan pengecekan. Lacazette tidak off side. Gol disahkan.

Di menit-menit akhir pertandingan, West Ham sempat mengancam lewat Antonio maupun Felipe Anderson. Namun, barisan belakang Arsenal kembali mementahkannya.

Skor 1-0 pun tetap bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Arsenal naik ke posisi sembilan, terpaut lima poin dari Chelsea yang baru akan bertanding melawan Manchester City, pad Rabu. (tm)

Susunan Pemain:

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Sokratis, David Luiz, Pablo Mari, Bukayo Saka; Dani Ceballos, Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Mesut Ozil, Pierre-Emerick Aubameyang (c); Eddie Nketiah.

WEST HAM (4-2-3-1): Lukasz Fabianski; Jeremy Ngakia, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice, Mark Noble (c); Jarrod Bowen, Pablo Fornals, Michail Antonio; Sebastien Haller.


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar