" Istana Berbatik" Gubernur Kepri dan Istri Tampilkan Batik Serasi

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Hj. Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, hadir memeriahkan acara ‘Istana Berbatik’ yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (1/10) diskominfo kepri

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Hj. Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, hadir memeriahkan acara ‘Istana Berbatik’ yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (1/10).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional tahun 2023 yang selalu diperingati pada tanggal 2 Oktober.

Tampak para Gubernur dari seluruh Indonesia berjalan dihadapan para hadirin mengenakan busana batik kebesarannya masing-masing. Begitu juga dengan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad tampak memakai jaket berwarna gelap bermotif batik dipadu dengan kaos kuning sambil menggandeng sang istri yang juga memakai batik dengan corak sama, tampak serasi.

Gubernur dan istri tampak santai berjalan, melambaikan tangan, tersenyum dan memegang jaket batik yang ia pakai, menunjukkan kepada hadirin, seolah berkata “ini batikku” kepada para undangan.

Kegiatan Istana Berbatik tahun ini dihadiri sedikitnya oleh sekitar 4.830 undangan dari berbagai kalangan. Dan diisi dengan berbagai pertunjukan seperti tarian tradisional dan lagu tradisional yang dibawakan oleh artis-artis terkenal.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Tampak hadir juga Wakil Presiden KH Maruf Amin dan jajaran para Menteri

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia patut bangga karena memiliki batik. Batik tak hanya soal karya seni tapi cermin budaya Indonesia.

"Batik yang bukan hanya karya seni tapi warisan budaya tak benda dunia, dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," kata Jokowi yang saat itu mengenakan batik parang.

Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan aktif melestarikan dan mengembangkan batik.

Pagelaran dan peragaan batik  dilaksanakan di atas catwalk sepanjang 150 meter. Ada 503 orang peraga istimewa termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga, menteri, hingga perwakilan negera sahabat.

Gubernur Ansar bersama Ketua TP PKK Dewi Ansar turut ikut memeriahkan dan menampilkan peragaan batik di atas Catwalk istana Berbatik yang langsung disaksikan Presiden Jokowi beserta ibu negara Iriyana Jokowi dan para tamu undangan lainnya.

Istana Berbatik  menampilkan Berbagai koleksi batik dari berbagai kerajaan, UMKM, karya perancang busana Indonesia.(rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar