Progam Air Sehat dan Berkualitas SMAN 1 Bintan Timur Dilaunching

Dalam rangka Kampanye Sekolah Sehat, SMAN 1 Bintan Timur, Bintan, Jumat (29/9) resmi Melaunching Progam Air Minum Sehat dan Berkualitas (diskominfo kepri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Dalam rangka Kampanye Sekolah Sehat, SMAN 1 Bintan Timur, Bintan, Jumat (29/9)  resmi Melaunching Progam Air Minum Sehat dan Berkualitas. Acara ini juga disejalankan dengan Konser Pamit Drumband SMA N 1 Bintan Timur.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, hadir untuk meresmikan program Air Minum Sehat dan Berkualitas ini.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar menyampaikan bahwa air merupakan prioritas utama pembangunan di Indonesia. Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, seperti urbanisasi, perubahan iklim dan keterbatasan fiskal daerah, pemerintah terus berupaya untuk menyediakan akses air minum yang layak bagi seluruh masyarakat, termasuk di Kepulauan Riau.

"Oleh karena itu, pentingnya akses air minum dan sanitasi yang berkualitas tak bisa diabaikan, terutama di negara kepulauan seperti Indonesia. Pemerintah tengah menghadapi berbagai tantangan dalam upaya menyediakan akses air minum dan sanitasi yang layak, termasuk di wilayah Kepulauan Riau yang unik dengan gugusan pulau-pulaunya. Tantangan ini melibatkan masalah urbanisasi, perubahan iklim, kelangkaan air, dan keterbatasan fiskal daerah," kata Dewi Ansar.

Namun, "Kedepannya saya yakin Pemerintah akan terus berkomitmen untuk mengatasi tantangan ini dengan strategi yang tepat, termasuk dalam pencapaian target Social Development Goals (SDGs) yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2022-2024," tambahnya.

Dewi Ansar juga menekankan pentingnya sinergi dalam mendukung terwujudnya akses air minum dan sanitasi 100 persen, seiring dengan implementasi Kampanye Sekolah Sehat. Kampanye Sekolah Sehat merupakan upaya bersama dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, mitra, satuan pendidikan, dan pemangku kepentingan masyarakat lainnya untuk mendorong penerapan sekolah sehat dengan fokus pada kesehatan bergizi, fisik, dan imunisasi di satuan pendidikan.

"Peluncuran program Air Minum Sehat ini adalah bukti nyata sinergi semua pihak dalam mendukung visi akses air minum dan sanitasi 100 persen. Hal ini juga merupakan bagian dari implementasi Kampanye Sekolah Sehat dan Kampanye ini fokus pada aspek Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi di satuan pendidikan, serta menjadi upaya untuk mewujudkan anak-anak Indonesia yang Sehat, Cerdas, dan Berkarakter," ujarnya.

Mengenai Drumband SMA N 1 Bintan Timur, Dewi Ansar menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada para atlet Drumband yang telah menggelar Konser Pamit hari ini. Ia juga mengucapkan selamat atas prestasi mereka dan mendorong mereka untuk terus menjaga dan membanggakan nama baik Provinsi Kepri yang dicintai ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadinkes Kepri M. Bisri, Kadisdik Kepri Andi Agung, Kadinkes Kabupaten Bintan Tamsir, Kepala Sekolah SMA N 1 Bintan Timur Martelia Puspa, Danramil INF Bintan Kapten Maswendra, FKPD Kabupaten Bintan, para OPD Kabupaten Bintan, para anggota DPRD Kabupaten Bintan yang hadir dan para orangtua murid yang hadir. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar