Survei LSI: Head to Head Prabowo Unggul atas Ganjar

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. (net)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Bacapres Gerindra Prabowo Subianto unggul head to head dari bacapres PDIP Ganjar Pranowo dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Keunggulan Prabowo atas Ganjar hampir dua kali margin of error.

Survei LSI ini digelar 3-9 Agustus 2023 dengan populasi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari survei ini +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% (dengan multistage random sampling).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam pemaparannya mengatakan Prabowo unggul head to head dari Ganjar. Elektabilitas Prabowo ada pada angka 47,3%.

"Tapi kalau misalnya yang berhadapan adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di putaran kedua maka untuk sementara Prabowo masih unggul 5,1%, 47,3% berhadapan dengan 42,2%," ucap Djayadi dalam tayangan YouTube LSI, Rabu (30/8/2023).

Djayadi menyebut keunggulan Prabowo dari Ganjar ini cukup berarti. Akan tetapi, kata dia, keunggulan Prabowo atas Ganjar turun jika dibandingkan survei yang lain.

"Hampir dua kali margin of error keunggulannya, jadi keunggulan yang meski 2 kali margin of error saya kira cukup meaningful. Mungkin kalau dibandingkan survei-survei yang lain keunggulan Prabowo terhadap Ganjar Pranowo ini di simulasi 2 nama sementara ini turun," katanya.

Berikut hasil head to head di survei LSI:

- Prabowo Subianto 47,3%
- Ganjar Pranowo 42,2%
Tidak jawab 10,5%

Prabowo vs Anies:
- Prabowo Subianto 53,1%
- Anies Baswedan 31,5%
Tidak jawab 15,5%

Ganjar vs Anies
- Ganjar Pranowo 51,6%
- Anies Baswedan 32,6%
Tidak jawab 15,8%. (detikcom)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar