120 Peserta Didik Baru MAN IC Masuk Tahun Ajaran 2023/2024

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin menyambut Siswa Baru MAN Insan Cendekia (IC) Angkatan VIII, Kota Batam Tahun Pelajaran 2023/2024. (diskominfo batam)

 

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin menyambut  Siswa Baru MAN Insan Cendekia (IC) Angkatan VIII,  Kota Batam Tahun Pelajaran 2023/2024. 

Dia menyampaikan selamat datang kepada siswa baru MAN IC Kota Batam dan mengapresiasi atas keberhasilan para peserta didik baru yang berhasil bergabung di MAN IC Kota Batam. 

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Batam siap mendukung program pendidikan di MAN IC dengan tujuan untuk memajukan pendidikan di Kota Batam.

"Sebelumnya Saya ingin menyampaikan salam dan maaf dari Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang tidak bisa hadir di sini bersama-sama untuk menyambut kedatangan peserta didik baru di Kampus MAN IC ini. Namun demikian, atas nama Pemko Batam, kami menyampaikan apresiasi dan selamat kepada MAN IC Kota Batam, karena pada tahun ajaran ini sudah bergabung 120 peserta didik baru," ujar Jefridin dalam sambutannya.

Kepada orang tua peserta didik baru yang hadir, Jefridin juga menghaturkan terimakasih karena telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di Kampus MAN IC Kota Batam. 

Jefridin juga mengapresiasi prestasi pendidikan yang telah diraih oleh MAN IC. Dalam kompetetisi yang diikuti para peserta didik MAN IC selalu berhasil menjadi juara terbaik. 

Terlebih jumlah calon peserta didik yang mendaftar ke MAN IC mencapai 700 orang, sementara kuota tersedia untuk 120 orang.

"Bapak/Ibu para peserta didik, kami sampaikan bahwa keberhasilan dunia pendidikan tidak hanya tanggungjawab pemerintah. Ada tiga lembaga yang memiliki peran penting. Pertama lembaga informal, adalah kedua orang tua dan anggota keluarga (ayah bunda, kakak abang) dan anggota keluarga lainnya). Kedua lembaga formal itu adalah pemerintah karena pemerintahlah yang menyiapkan sarana prasarana, guru dan kurikulum. Yang terakhir adalah lembaga nonformal (masyarakat)," papar mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam ini.

Dijelaskannya bahwa sesuai dengan UU 23/2014 tanggungjawab Pemko Batam adalah pada jenjang pendidikan PAUD/TK, SD dan SMP. Namun demikian Pemko Batam menurutnya tidak akan lepas tangan dalam membantu pendidikan MAN IC.

 Ia menyampaikan bahwa Pemko Batam saat ini tengah membangun infrastruktur jalan dari Batuampar, jalan Bandara hingga Nongsa. Pembangunan infrastruktur jalan ini menurutnya salah satu akses untuk menuju ke Kampus MAN IC Kota Batam.

"Insyaallah jalan dari Batuampar-Nongsa selesai lima lajur kiri dan kanan. Artinya Pemko sudah membangun akses jalan ke sini. Alhamdulillah lahan seluas sepuluh hektar sudah kami serahkan (hibahkan) juga asetnya kepada MAN IC. Ada juga aset lainnya, ini salah satu bentuk dukungan Pemko Batam kepada MAN IC Kota Batam. Sekali lagi Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu pengajar dan silahkan membuat agenda kegiatan yang dapat mengharumkan nama Kota Batam. Kepada orang tua sekali lagi selamat karena anak-anaknya sudah  diterima di sini dan beri kepercayaan kepada Bapak/Ibu guru untuk mendidik anak-anak ibu menjadi anak-anak yang berguna sehingga mereka sukses dalam meraih asa dan citanya," pungkas suami Hariyanti ini.

Kepala MAN IC Kota Batam, M. Kamal menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dan kesediaan Sekretaris Daerah Kota Batam yang telah menyambut kedatangan para peserta didik baru di Kampung MAN IC. Ia menyampaikan tahun ajaran ini ada 760 calon peserta didik dari luar Provinsi Kepri yang mendaftar  ke MAN IC, namun yang diterima hanya 120 orang. Diakuinya jumlah yang mendaftar untuk masuk ke MAN IC meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Namun berdasarkan seleksi yang dilakukan diterimalah putra-putri terbaik untuk melanjutkan pendidikan di Kampus MAN IC.

"Terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di sini. Kami berkomitmen untuk menjaga kualitas dan memberi pelayanan pendidikan untk anak-anak di MaN IC. Berupaya menjadi MaN IC terbaik dan trs melakukan perbaikan ke depan agar menjadi MAN IC pilihan baik d Kepri maupun di Indonesia. Tidak lupa kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Batam yang telah mendukung kami selama ini," pungkasnya.

Penyambutan peserta didik baru, ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Jefridin didampingi Kaubdit KSKK, Suwardi.(rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar