Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kepri Open 2023 Diikuti Ratusan Pesilat

Ratusan atlet silat di Kepri, ambil bagian dalam Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kepri Open 2023 yang digelar di SP Plaza, Sagulung dari Jumat (7/7/2023) hingga Minggu (9/7/2023) mendatang. (ist)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ratusan atlet silat dari berbagai perguruan silat yang tersebar di Provinsi Kepri, ambil bagian dalam Kejuaraan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kepri Open 2023 yang digelar di SP Plaza, Sagulung dari Jumat (7/7/2023) hingga Minggu (9/7/2023) mendatang.

Kejuaraan yang ditaja oleh Pengprov IPSI Kepri ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kepri, Muhammad Ihsan didampingi Ketua Umum IPSI Kepri Sugianto, Ketua KONI Kepri Usep RS, Kadispora Batam Zulkarnain, Kabid Organisasi KONI Batam H Zakaria yang ditandai dengan pemukulan gong.

"Total 473 atlet yang terbagi dalam kategori remaja dan dewasa," ungkap Ketua Pengprov IPSI Provinsi Kepri, Sugianto ke awak media disela-sela pembukaan berlangsung.

Dijelaskan Anggota DPRD Kepri ini, bahwa pelaksanaan Pencak Silat Open 2023 ini memiliki sejumlah tujuan.  Pertama membumikan pencak silat di Bunda Tanah Melayu, menjadi ajang pencarian atlet baru berbakat sekaligus laga uji coba buat atlet Pelatda yang akan bertolak ke Solo.

"Kualifikasi pra PON, kalau lolos berarti bisa mewakili Kepri di PON Sumut Aceh nanti," ungkap Politisi PDIP ini.

Terakhir, menjadi ajang sosialisasi peraturan baru IPSI, salah satunya bagaimana silat menuju olimpiade dan sekaligus uji coba sejumlah wasit yang baru menjalani penataran.

Sementara Kadispora Provinsi Kepri, Muhammad Ihsan mengatakan bahwa Pemprov Kepri mengapresiasi pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat IPSI ini, pihaknya menaruh harapan lahir atlet-atlet muda berprestasi yang mampu mengangkat nama Kepri di kancah nasional hingga mancanegara.

Tak lupa pula, mengingatkan agar seluruh pihak yang terlibat dalam pertandingan benar-benar menjunjung tinggi sportivitas demi lahirnya juara-juara yang hebat.

"Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Keorganisasian KONI Batam, Haji Zakaria yang hadir mewakili Ketua umum KONI Batam, Iskandar Alamsyah memberikan apresiasi atas pelaksanaan kejuaraan pencak silat tersebut, terlebih menurutnya digelar di Batam.

Sebab menurutnya, kejuaraan tersebut menjadi ajang berharga bagi atlet-atlet silat yang ada di Batam, yakni sebagai laga tanding untuk mengasah teknik yang selama ini dimiliki, utamanya para juara yang dipersiapkan untuk ke jenjang lebih tinggi.

"KONI Batam mengapresiasi pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat IPSI ini, antusias atlet Batam luar biasa. Mudah-mudahan ini betul-betul dimanfaatkan maksimal," imbaunya.

"Kejuaraan ini merupakan pembinaan yang paling sempurna, atlet terseleksi berdasarkan prestasi," pungkasnya.

Di acara pembukaan tersebut, juga diserahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan buat atlet guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam pertandingan, serta diwarnai sejumlah atraksi pencak silat serta pemberian cinderamata dari Ketua Umum IPSI kepada pendukung pertandingan. (san)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar