Siswa SMP Berlayar dan Belajar di KAL Lantamal IV Batam

Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) ikuti pembelajaran sambil berlayar di perairan Batam bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) PINTAR MANDIRI-1 Lantamal IV Batam. (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) ikuti pembelajaran sambil berlayar, di perairan Batam bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) PINTAR MANDIRI-1 Lantamal IV Batam.

Program ini memberikan wawasan kemaritiman kepada para siswa, dan menambah minat belajar bagi para siswa serta diharapakan dapat menjadi sarana komunikasi pendidikan di pulau-pulau di wilayah Kepri.

Kapal Angkatan Laut (Kal) Pintar Mandiri sendiri merupakan kapal perpustakaan TNI Angkatan Laut yang di produksi hanya ada tiga unit di Indonesia. Satu diantaranya berada di Kepulauan Riau,  di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal IV Batam, sisanya berada di Makasar dan Papua.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV Kolonel Laut (KH) Mohammad Ikhsan mengatakan kegiatan ini akan menjadi program di Lantamal IV, dan hal ini merupakan kepedulian kami terhadap pendidikan di pulau-pulau wilayah Kepri. Untuk itu diharapkan dukungan dari Dinas terkait (Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan lainnya) yang ada di  Pemko Batam dalam rangka kesinambungan dari kegiatan ini.

"KAL Pintar Mandiri 1 Lantamal IV merupakan kapal multi fungsi yang dibuat sebagai sarana perpustakaan bergerak, yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak usia sekolah, alat peraga dan perangkat Informasi Teknologi (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet," ucap Kolonel Laut (KH) Mohammad Ikhsan, Kamis (08/06).

Sementara, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Kamariah Nor menyebutkan, pihaknya baru pertama kali mengetahui ada kapal perpustakaan di Kepri, ia juga menyepakati akan menjalin kerja sama dalam hal silang layan dan pembinaan pengelolaan perpustakaan bersama Lantamal IV Batam.

Kepala Bidang Guru dan Kependidikan Disdik Kota Batam, Mohamad Djupri menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Lantamal IV Batam, karena menurutnya ini adalah salah satu edukasi yang sangat menyenangkan bagi peserta didik.

"peserta didik hanya belajar di dalam kelas atau di daratan dan sekarang mencoba memberikan nuansa baru yaitu pembelajaran di atas Kapal Pintar," ucapnya.(adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar