Tiba di Batam, Puluhan Biksu dari Sejumlah Negara Laksanakan Thudong

Puluhan Biksu atau Bhante saat melakukan pembacaan doa bersama umat Budha di Kota Batam, Senin (08/05). (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Puluhan Biksu atau Bhante dari berbagai negara Asia Tenggara tiba Kota Batam, Kepri untuk melanjutkan perjalanan hingga ke Candi Borobudur.

"Mereka melakukan Thudong yakni ritual para bhante melakukan jalan kaki. Ini berangkat dari Kota Nakhon Si Thammarat, Thailand," kata Penanggungjawab Thudong, Prabu Diaz, Senin (08/05) sore.

Ia menjelaskan, para biksu itu berjalan kaki ke Malaysia, Singapura, dan masuk ke Indonesia melalui Kota Batam.

Para Biksu akan melanjutkan perjalanannya hingga Candi Borobudur, tepatnya pada perayaan hari Waisak, Jumat (02/06) mendatang. Di Batam, para Bhante memiliki agenda yaitu ramah tamah bersama umat beragama Budha sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke Jakarta pada Selasa (09/05) besok.

"Tanggal 10 dilepas oleh kementerian agama sepanjang Pantura, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jumlahnya dari 54 sekarang tinggal 32. Karena ada yang sakit dan ada keperluan yang lain," jelas Prabu.

Prabu juga menyampaikan, setelah dari candi Borobudur, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan kembali ke Thailand.

"Setelah mereka melaksanakan Thudong, para Bhante kembali ke Thailand," ucap Prabu. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar