Program SERAMBI, Ratusan Miliar Uang Pecahan Telah Disalurkan BI Kepri ke Masyarakat

Antusiasme warga saat menukar uang pecahan yang digelar BI perwakilan Kepri, Selasa (11/04/23) di Pasar Botania I Batam. (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sebanyak Rp797 miliar uang pecahan telah tersalurkan ke masyarakat Kepri melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 Bank Indonesia yang telah berjalan sepekan.

"Sudah terserap atau realisasi sekitar Rp797 miliar atau 40 persen dari jumlah yang disiapkan," ujar Kepala BI Perwakilan Kepri, Suryono, Selasa (11/04).

Ia menjelaskan, saat ini masih tersedia Rp1,1 triliun lagi uang kartal atau pecahan untuk didistribusikan ke masyarakat khususnya jelang Lebaran 2023 mendatang.

Suryono memprediksi, realisasi itu akan semakin meningkat seiring dengan waktu perayaan Idul Fitri yang semakin dekat. Puncaknya, diperkirakan akan terjadi saat sepekan jelang lebaran.

"Penyerapan tersebut akan semakin meningkat seminggu sebelum periode libur Idul Fitri. Posisi minggu lalu, yang ditarik mayoritas Uang Pecahan Kecil (UPK)," ucapnya.

"Untuk uang Pecahan Besar (UPB) kemungkinan besar mulai minggu ini akan meningkat seiring kebutuhkan perbankan untuk mengisi ATM sebagai antisipasi selama libur Idul Fitri," pungkas Suryono.

Sebelumnya, BI Kepri menyiapkan Rp1,9 triliun uang pecahan periode Ramadan hingga Idul Fitri 2023. Jumlah tersebut meningkat dari pada tahun sebelumnya yakni Rp1,7 triliun.

Uang itu akan disalurkan melalui sejumlah perbankan dan sejumlah mobil kas keliling. Berdasarkan pantauan Ulasan pada 4 April kemarin saja, warga sudah mulai memadati lokasi-lokasi penukaran uang pecahan. Nominal yang paling banyak diminati ialah pecahan Rp 2 ribu dan Rp 5 ribu.

"Iya kebetulan hari ini kan ada jadwalnya. Baru keluar rumah langsung ke sini," ucap salah seorang warga, Chairudin saat mendatangi mobil kas keliling di Botania I. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar