Hari Peduli Sampah, Bupati Anambas Apresiasi Pengelola Sampah

Bupati Anambas, Abdul Haris saat memberikan apresiasi kepada para pengelola sampah di Anambas, Jumat (10/03/23). (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH,  MH menyerahkan piagam penghargaan  kepada sejumlah  pihak yang telah  melakukan pengelolaan sampah dengan baik.  

Penghargaan tersebut diberikan bersampena dengan Hari Peduli sampah Nasional yang disejalankan  dengan penyerahan pinjam Pakai perahu naga (Dragon Boat) kepada Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA),  di lapangan Tanjung Momong, Jumat (10/3/2023).

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH, MH mengatakan,  pihaknya menyerahkan sebanyak 5 piagam penghargaan kepada pihak yang berkomitmen dalam penanggulangan sampah.

"Mereka yang diberikan penghargaan antara lain yakni Yayasan Anambas, Bank Sampah Sahabat Lestari, Bank Sampah Desa Kiabu, Bank Sampah Desa Langir dan Bank Sampah Bapak Wandi,"kata Haris.

Pria yang juga menjabat sebagai  Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyampaikan, bahwa dewasa ini sampah menjadi momok  dimasyarakat. Mengingat  sampah dapat memberikan efek negatif bagi daerah apabila tidak benar dalam pengelolaannya.

Untuk itu lanjut Suami Heryana, SE, pemerintah daerah KKA secara intens  melakukan terobosan-terobosan dalam  pengelolaan sampah.

"Ini upaya kita dalam melakukan pengelolaan sampah, selain itu dengan adanya Bank Sampah yang saat ini telah ada,  menjadikan sampah dapat memiliki nilai ekonomis, jadi dipisahkan antara sampah plastik dengan sampah yang mudah terurai."tuturnya.

Orang nomor satu  di Kepulauan Anambas menambahkan,  pengelolaan sampah  merupakan  tantangan tersendiri  bagi daerah.

Dihadapan peserta yang hadir, Bupati juga memuji Komitmen Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan yang  terus menjaga lingkungannya dari sampah, dengan kegiatan Sabtu Bersih (Saber) yang telah berjalan setiap Sabtunya.

"Contohlah Kelurahan Tarempa, komitmennya sangat luar biasa dalam memberikan wilayahnya, saya berharap desa-desa lain yang ada di Kepulauan Anambas dapat melakukan hal yang sama seperti keluruhan Tarempa,"tukasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup  Abdul Kadir, SE  mengatakan, bahwa pemberian penghargaan tersebut memang kepada pihak-pihak yang selama ini bersama peduli akan sampah  dengan membuat bank sampah.

Untuk itu besar harapan agar kedepan bukan hanya pihak-pihak ini saja, namun seluruh daerah yang ada di Anambas juga memiliki Bank Sampah.

'Kepedulian kita terhadap sampah sangat berarti bagi anak cucu kita kedepannya,'pungkasnya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar