Pemkab Anambas dan IPB Bogor Tandatangani MoU, Ini Harapan Bupati

Bupati Anambas, Abdul Haris saat berada di Kampus IPB Bogor, Jumat (24/02/23). (istimewa)

TRANSKEPRI.COM.BOGOR- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Pertanian Bogor IPB. Di ruang Sidang Senat Akademik, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 6  Kampus IPB Dramaga Bogor, Jumat (24/2/2023).

Bupati KKA, Abdul Haris, SH, MH mengatakan, MoU tersebut terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Rangka Pembangunan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas

"MoU tersebut dilakukan langsung oleh saya sebagai Bupati Anambas. Sedangkan pihak  IPB langsung oleh Rektor IPB University  Diwakili dengan pembubuhan paraf oleh Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni Prof Dr Ir Iskandar Z Siregar, IPU, ASEAN Eng,"ujar Haris.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan  Provinsi Kepri mengungkapkan, bahwa pihaknya menyambut baik MoU yang dilakukan. Katanya, kerjasama dengan IPB  diperlukan agar proses transformasi melalui transfer pengetahuan dan inovasi dalam teknologi pertanian, peternakan, serta perikanan bisa berjalan lebih efektif.

Lebih lanjut ungkap suami Heryana SE ini, Pemerintah daerah memiliki dukungan tenaga penyuluh memadai dan hubungannya paling dekat dengan petani dan peternak. Hal ini akan memudahkan penumbuhan klaster pendampingan di daerah.

"Inovasi dan transfer ilmu nanti dapat meningkatkan kapasitas petani yang ada di Kepulauan Anambas, sehingga kedepan target pemerintah  agar produksi petani di Anambas dapat memenuhi kebutuhan lokal daerah ini,"tuturnya.

Sejatinya tambah Haris,  dalam MoU tersebut bukan semata-mata dalam peningkatan kapasitas dibidang pertanian, namun juga nelayan mengingat potensi Anambas yang paling dominan adalah di Bidang pertanian dan Perikanan.

“Harapan kita dengan inovasi-inovasi yang dilakukan dapat melepaskan Anambas dari cengkraman ketergantungan kepada pemerintah pusat,” tuturnya.

Hal ini merupakan langkah masif pemerintah daerah tambah Bupati,  untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat lebih profesional secara nyata dalam meningkatkan perekonomian.(qm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar