Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 03 Produksi Karimun Anugrah Sejati Disoft Launching Menhub

Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 03 Produksi PT Karimun yang disoft launching Menhub Budi Karya Sumadi, Sabtu (04/02/23) di Pelabuhan Punggur Batam. (asdp)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (04/02/23), bertempat di Pelabuhan Punggur Batam, melakukan soft launching keberadaan kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 03 yang telah selasai diproduksi oleh perusahaan anak negeri, PT Karimun Anugrah Sejati (KAS).

Kapal produksi PT KAS yang merupakan anak perusahaan dari PT Global Maritim Lestari (GML) ini, merupakan kapal penyeberangan (Ro-Ro) yang akan ditempatkan di Dermaga Tanjung Uban, Bintan.

Kapal berukuran 1.500 gross ton (GT) yang memiliki spesifikasi panjang 71,92 m, lebar 14 m, tinggi 4,6 m, kecepatan di atas 15 knot ini, mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang, 24 orang ABK, 14 kendaraan truk besar, 12 truk sedang dan 10 unit kendaraan roda 4 ini, nantinya akan melayani lintas Uban – Tambelan – Sintete – Sambas Kalimantan Barat.

MENHUB Budi Karya Sadi saat disambut Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi. (humaspemkobatam)

Budi Karya Sumadi pada kesempatan itu menyambut gembira kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03. Diakuinya, kehadiran kapal tersebut akan mempermudah mobilitas masyarakat yang akan melakukan penyebrangan, sekaligus membuka akses lebih luas lagi khususnya untuk wilayah kepulauan, perbatasan yang berstarus tertinggal, terluar dan terdepan.

“Posisi Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura, menjadi salah satu prioritas pemerintah melalui kemenhub, untuk pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut, agar makin banyak terangkai satu pulau dengan pulau lainnya,” kata Budi.

Sejumlah pejabat turut terlihat hadir saat soft launching itu, Anggota DPR RI Dapil Kepri Cen Sui Lan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kapolda Kepri Irjen Tabana Bangun, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto  (san)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar