Workshop Kaderisasi Ulama, MUI Batam Hadirkan KH Cholil Navis

Workshop kaderisasi ulama digelar MUI Batam di Wisma PIH Hotel beberapa waktu lalu. (muibatam)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam menggelar Workshop Kaderisasi Ulama di Wisma PIH Hotel,  (26/12/2022) lalu. Program kegiatan ini mengangkat tema "Meningkatkan Wawasan Keulamaan dalam Mengahadapi Tantangan Global". 

Workshop ini menghadirkan narasumber Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah, KH Cholil Navis, Lc Ph.D dan Ketua Umum MUI Batam, KH Luqman Rifa'i. Acara dihadiri oleh  Kabag Kesra Pemko Batam, Kemenag Kota Batam  dan sejumlah pimpinan ormas Islam. Kegiatan diikuti oleh 75 peserta terdiri perwakilan ormas Islam dan pengasuh pondok  pesantren se Kota Batam. 

Dalam paparannya, KH. Cholil Navis menegaskan pentingnya meningkatkan wawasan keulamaan di tengah era global ini. Setidaknya ada tiga jurus yang harus dilakukan ulama dalam menghadapi tantangan global.

Jurus pertama, pendalaman ulang ilmu-ilmu fundamental keagamaan yang menjadi basis keulamaan seperti tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, namun, shorof dan lain-lain. Kedua, meningkatkan penguasaan metodologi dan konsepsi kunci kemajuan peradaban. Ketiga, mengembangkan skill teknik ghozwatul fikr melalui training-training leadershp, jurnalistik, teknologi informasi dan yang semisal dengannya. 

Sementara itu, KH. Luqman Rifai menegaskan pentingnya Kaderisasi ulama dalam menghadapi tantangan global ini. "Di Era global ini, ulama sebagai pewarna para Nabi harus dipersiapkan dalam bentuk pendidikan dan kaderisasi secara ternyata dan terarah" tegas Luqman 

Walikota Batam yang diwakili  Kabag Kesra, Mahlil, S.KM mengapresiasi kegiatan Workshop Kaderisasi Ulama yang digelar MUI Kota Batam.

"Semoga kegiatan ini akan bisa mendorong tereralisasinya visi misi Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang salahsatu cirinya adanya sibwrgi antara ulama, umara dan umat" terangnya. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar