Satu Kapal Ro-ro Punggur-Uban Dialihkan ke Riau, Ini Penyebabnya

Kapal Roro yang biasa melayani rute Telaga Punggur-Tanjunguban (foto: internet)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) mengalihkan satu kapal Roro rute Telaga Punggur-Tanjunguban ke rute Telaga Punggur-Sei Pakning, Riau.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Yang ramai saat ini ke Sei Pakning. Saya melalukan penambahan satu kapal ke sana, kapal tersebut yang biasa melayani rute Punggur-Uban, KMP Tanjung Burang, untuk melayani tujuan Pakning," ujar General Manager ASDP Punggur, Mursadik, melalui sambungan WhatsApp, Kamis, (22/12/2022).

Marsadik menjelaskan, pihaknya sudah mengurus izin ke Kementerian Perhubungan terkait KMP Tanjung Burang. Sehingga total kapal tujuan Sei Pakning sebanyak tiga kapal.

"Kemaren tanggal 15 sudah mulai beroperasi ke Sei Pakning. Pakning ada tiga kapal sekarang, sebelumnya ada dua kapal. Dengan pola beroperasi hari ini satu, besok dua," katanya.

Selain itu, ASDP Indonesia Ferry Batam memprediksi lonjakan penumpang pada mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini akan terjadi besok, Jumat (23/12/2022). "Besok prediksi jumlah penumpang akan melonjak. Yang paling banyak itu ke Pakning. Besok ada dua kapal," terang Mursadik.

Ia menyebutkan, ASDP Telaga Punggur akan mengoptimalkan kapal yang ada untuk semua lintasan dengan penambahan perjalanan trip dan percepatan keberangkatan. Serta memastikan dengan kesiapan armada kapal dapat mengantisipasi dan memberikan layanan maksimal dalam peningkatan penumpang saat libur Nataru.

"Tentunya dalam rangka Nataru kami telah mencoba mengoptimalkan kapal yang sudah ada untuk semua lintasan atau rute dengan penambahan perjalanan dan percepatan," ujarnya.

Saat ini, terdapat 13 kapal yang siap melayani rute, di antaranya Telaga Punggur - Tanjunguban, Sei Pakning, Kuala Tungkal, Tanjung Balai dan Dabo.

Diimbau kepada pengguna jasa untuk tidak panik terkait kapal untuk keberangakatan ke tempat tujuan. "Kami akan melayani secara optinmal. Kami akan tetap mengedepankan pelayanan. Saya harap lintas jauh jangan menggunakan calo untuk menghindari keributan, langsung ke loket tiket tersedia," kata dia.

Ditambahkannya, saat momen Nataru ini, ASDP juga melibatkan tim gabungan dari stakeholder terdiri dari TNI-Polri, BNPB, Kesehatan Pelabuhan. "Maka dihadirkan Posko Nataru di area pelabuhan yang berfungsi sebagai pusat informasi bagi calon penumpang," tutupnya. (iyan)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar