Rangkain Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Indonesia

Rangkaian pertama kereta cepat Jakarta-Bandung sudah sampai di Indonesia

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kloter pertama tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/9). Kedatangan ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang memiliki kereta cepat di Asean.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ini menjadi salah satu bentuk kesiapan jelang kegiatan G20 yang akan diadakan November mendatang.

"Alhamdulillah rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung pertama sudah tiba di Indonesia. Ketibaan rangkaian kereta api cepat ini menjadi kabar baik untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya," ujarnya melalui keterangan resmi.

Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan ada dua trainset atau rangkaian kereta yang hari ini tiba di Dermaga 200-2021 Pelabuhan Tanjung Priok Non Peti Kemas.

Dua rangkaian ini terdiri dari satu rangkaian kereta inspeksi dan satu rangkaian kereta cepat KCIC400AF untuk penumpang.

"Rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung secara bertahap sudah mulai tiba di Indonesia. Saat ini sebanyak dua rangkaian yang tiba dan akan dibawa ke Tegalluar untuk proses perangkaian ulang," kata Dwiyana.

Pengiriman rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan dalam 4 batch. Setelah kedatangan perdana, rangkaian kereta api cepat ini selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2023 dan 15 Maret 2023.

Setelah tiba, seluruh rangkaian KCIC400AF akan dikirim ke Depo Tegalluar dan nantinya akan dirangkai ulang atau di-reassembly menjadi suatu kesatuan.

Pengiriman rangkaian KCIC40AF ke Depo Tegalluar akan melalui jalur darat. Pada prosesnya PT KCIC sudah melakukan koordinasi dengan pihak BPJT, PJR, Pelindo dan juga Jasa Marga.

"Proses pengiriman hanya dilakukan pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB. Artinya, perjalanan akan dilakukan di masa arus lalu lintas tidak tinggi. Sehingga diharapkan proses perjalanan ke Depo Tegalluar ini tidak mengganggu arus lalu lintas," jelasnya.

Kereta api cepat Jakarta-Bandung akan menjalani uji dinamis di gelaran G-20 pada November mendatang. Rencananya Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan melakukan kunjungan kerja melihat progress pekerjaan sekaligus mencoba Kereta Inspeksi (EMU - CIT) dari DK 127 menuju Stasiun Tegalluar.

Saat ini PT KCIC bersama konsorsium kontraktor terus melakukan berbagai percepatan pembangunan dan mempersiapkan kebutuhan jelang uji dinamis tersebut serta operasional di tahun 2023. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar