Angka Kemiskinan di Indonesia Diprediksi Melonjak


TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Diprediksi angka kemiskinan di Indonesia bakal melonjak akibat pandemi corona. Prediksi itu dikemukakan oleh lembaga think-tank independen Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia.

"Anjloknya pertumbuhan ekonomi serta penerapan restriksi sosial dan mobilitas di berbagai wilayah sebagai akibat pandemi COVID-19 tidak hanya berpotensi mengakibatkan hilangnya lapangan kerja dalam jumlah besar, tetapi juga meningkatkan kemiskinan secara masif," ujar ekonom CORE Indonesia Akhmad Akbar Susamto dalam keterangannya, Selasa (5/5/2020).

Potensi lonjakan jumlah penduduk miskin bisa terjadi karena begitu banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat kesejahteraan mendekati batas kemiskinan, walaupun tidak berada di bawah garis kemiskinan. Jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan sendiri selama ini memang cenderung mengalami penurunan dan pada Maret 2019 mencapai 25,1 juta jiwa atau 9,4% dari total penduduk Indonesia.

Namun, jumlah penduduk rentan miskin dan hampir miskin mencapai 66,7 juta jiwa (25% dari total penduduk Indonesia), atau lebih dari dua setengah kali lipat jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan," tuturnya..(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar