Gubernur Sebut Haris-Wan Pesulap saat Pembukaan MTQ Kepri di Anambas

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama sejumlah kepala daerah saat pembukaan MTQ Kepri di Anambas

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Gubernur Kepri Ansar Ahmad, SE MM, buka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Masjid Agung Baitul Makmur Tarempa, Kamis (24/7/2022)

Dalam Sambutannya Gubenur Kepri Ansar Ahmad memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Bupati Abdul Haris, SH dan Wakil Bupati Wan Zuhendra yang dapat merampungkan persiapan MTQ dalam waktu singkat. 

"Ini seperti sulap, padahal tiga hari lalu saya datang ke Anambas lokasi kegiatan baru 85 persen, namun saat ini telah rampung,"ujar Ansar. 

Orang nomor satu di Kepri itu menuturkan, bahwa pada tahun 2021 pihaknya telah menerbitkan SK ditetapkannya KKA sebagai tuan rumah MTQ IX tingkat Provinsi Kepri. 

"Kita punya kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap Oori dan Qoriah yang akan mewakil provinsi Kepri pada MTQ tingkat nasional pada bulan Oktober mendatang di Provinsi Kalimantan Selatan,"ungkapnya. 

Ia juga berharap penyelenggaraan MTQ dapat berjalan dengan lancar, mengingat MTQ bukanlah hasil akhir, namun adalah terpilihnya pemenang yang berkualitas, karena kualitas itu hadir karena  karena penilaian yang benar-benar baik.

"Saya berpesan agar dewan hakim memberikan penilaian secara objektif, karena dewan hakim pada MTQ kali ini  selain dari Kabupaten Kota juga hadir 11 dewan hakim nasional,"tuturnya.

Ansar mengaku optimis, apabila kegiatan MTQ dilakukan dengan sungguh maka tujuan akhir menjadikan Kepri generasi Qurani dan membawa keberkahan pada masyarakat Kepri 

"Serta pemenang mampu mengharumkan nama Kepri pada MTQ Nasional tingkat Provinsi Bulan Oktober mendatang,"jelasnya. 

Sementara itu Bupati KKA Abdul Haris, SH dalam sambutannya mengatakan, merupakan kehormatan bagi Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi tuan rumah MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepri. 

Sejatinya ungkap orang nomor satu di Kepulauan Anambas, perhelatan Akbar seperti ini pernah digelar di Anambas pada tahun 2011 silam yakni STQ tingkat Provinsi.

"Saat itu kegiatan STQ pada tahun 2011 digelar di lapangan Sulaiman Abdullah, namun kali ini pergelaran MTQ di gelar di Masjid Agung Baitul Makmur Anambas,"tuturnya. 

Haris mengaku merinding dengan keberkahan yang diberikan Allah kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, mengingat pada dua hari lalu kondisi cuaca masih belum stabil namun saat ini cuaca benar-benar bersahabat. 

"Mudah-mudahan ini merupakan pertanda  berkah bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan cuaca yang teduh sehingga semua masyarakat dapat menonton,"terangnya.

Anambas kata Haris, MTQ yang digelar sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mewujudkan Anambas Bermadah 2021

"Sebagai tuan rumah MTQ kami mempersiapkannya dengan maksimal, dan berupaya memberikan pelayan terbaik kepada tamu yang hadir serta masyarakat di Kepulauan Anambas, untuk kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelayanan. Saya berharap tamu yang hadir dapat menikmati keindahan Anambas silahkan berbelanja habiskan uang disini agar perekonomian Anambas bergerak"sampainya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kepri, DR. Tengku Afrizal Dahlan mengatakan, LPTQ akan melaksanakan sejumlah agenda yang telah disusun, karena ini merupakan tugas besar dalam mewujudkan aksara berbasis Alquran, ini dapat dicapai apabila ada saling sinergi bahu membahu  seluruh element masyarakat. 

"Pelaksanaan MTQ bukan hanya kegiatan rutin tetapi memiliki makna dengan mendekatkan umat pada nilai-nilai Alquran, dengan MTQ akan membangun masyarakat Qurani,"tuturnya. 

Tengku menyampaikan, langkah ini juga untuk menciptakan anak anak Kepri  menjadi yang terbaik ahlak dan amalnya. LPTQ akan lebih intensif melakukan pembinaan kepada mereka yang akan menjadi duta Provinsi Kepri pada MTQ tingkat nasional yang akan digelar pada bulan Oktober di Kalimantan Selatan,"imbuhnya.

Keseluruhan rangkaian pembukaan MTQ berjalan dengan baik meski ada sedikit kendala, MTQ sendiri dihadiri langsung kepala Daerah dan wakil kepala Daerah dari 7 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepri dan  FKPD tingkat  Provinsi Kepri. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar