Dikabarkan Hasto Mendagri, Tito Tempati Posisi MenpanRB

Hasto Kristyanto

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Tito Karnavian disebut bakal maju bakal menjabat sebagai Menpan RB. Sementara Hasto Kristiyanto bakal menjadi Mendagri. Pergantian ini sepeninggal Tjahjo Kumolo.

Ketua Umum RèJO (Relawan Jokowi) Darmizal MS menilai sosok yang tepat untuk mengisi jabatan Menpan RB sepeninggal Tjahjo Kumolo adalah Tito Karnavian.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Menpan-RB ad interim.

Saat ini muncul sejumlah nama-nama yang akan menjadi Menpan RB.

Darmizal MS mengatakan posisi Menpan RB dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sangat penting.

Apalagi setelah disahkannya beberapa UU terkait ASN, UU Pemekaran Propinsi, dan Persiapan menjelang Pilpres dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Menurut Darmizal, hampir dapat dipastikan, akan ada reshuffle kabinet jilid III dalam waktu dekat ini.

Ia pun menyebut, sebagai kader utama PDIP, penting bagi Presiden Jokowi mewujudkan pemerintahan yang akuntabel, profesional, dan berstandar internasional.

"Dengan demikian, PDIP akan dikenang rakyat sebagai Partai pemenang pemilu yang juga mewariskan good governace yang baik," kata Darmizal kepada wartawan, Minggu (3/7/2022).

Karena itu, Darmizal menilai sosok yang paling tepat untuk posisi Menteri PANRB adalah Mendagri saat ini Tito Karnavian.

"Tito memiliki kemampuan Profesional untuk membenahi manajemen ASN dan Reformasi Birokrasi," ungkapnya.

Lalu, siapa yang pantas mengisi posisi Kemendagri jika Tito Karnavian digeser ke Menpan RB?

Darmizal berpandangan, sangat tepat jika diduduki oleh Hasto Kristiyanto, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP.

Menurutnya, Hasto berhasil mewujudkan good governance di dalam internal PDIP, yang dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO untuk pengelolaan atau manajemen partai.

"Keberhasilan itulah yang membuat Ibu Megawati mempercayakan Dr Hasto memimpin menejerial PDIP selama 2 periode," tegasnya.

Darmizal berpandangan, bahwa pikiran jernih disertai kompetensi Hasto yang trengginas tersebut, sangat dibutuhkan membantu Presiden Jokowi di Kemendagri

"Hasto dapat mewujudkan good governance di Kemendagri," imbuhnya.

Tidak hanya itu, kolaborasi Tito di Menpan RB bersama Hasto di Kemendagri, diyakininya sebagai duet maut pembantu Presiden dalam mewujudkan good governance di dalam pemerintahan.

"Tito dan Hasto adalah duet maut yang bisa mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) bagi Presiden Jokowi," katanya.

Diketahui, Tjahjo Kumolo wafat pada hari Jumat (1/7/2022) pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Tjahjo sendiri merupakan politisi senior PDIP.

Tjahjo juga pernah menjabat sebagai sebagai Sekretaris Jenderal PDIP.

Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar