Ditemukan Lagi Virus Baru, Namanya Adenovirus 41

Virus Adenovirus 41

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban menjelaskan, para ahli tengah menyelidiki penyebab dari hepatitis misterius ini termasuk di Indonesia.

“Sebagian ketemu Adenovirus 41, sebagian ketemu SARS-CoV-2, sebagian kombinasi dua virus itu, dan masih mungkin dipicu penyebab lain,” kata Zubairi kepada Kompas.com, Rabu 4 Mei 2022.

Namun, sejauh ini penyakit hepatitis akut anak yang misterius ini diduga disebabkan oleh adenovirus 41.

Sebagai informasi, kasus hepatitis akut misterius pada anak yang diduga akibat infeksi adenovirus 41 ini, sebagian besar anak-anak tersebut dilaporkan mengalami masalah gastrointestinal terlebih dahulu, diikuti penyakit kuning.

Tes laboratoriumnya juga menunjukkan tanda-tanda peradangan hati parah, dan sebagian besar anak tidak mengalami demam.

Apa itu adenovirus, jenis virus yang juga disebut sebabkan hepatitis akut?

Zubairi menyampaikan, adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan diare.

“Adenovirus 41 belum pernah terkait dengan hepatitis, dan patogen umum ini biasanya bisa sembuh sendiri,” jelas dia.

Terkait virus adenovirus 41 yang disebut menjadi penyebab hepatitis akut misterius pada anak tersebut, seperti dilansir dari laman CDC, virus ini, pada dasarnya dapat menginfeksi orang dengan usia berapa pun.

Namun, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, penyakit pernapasan, atau penyakit jantung dapat meningkatkan risiko seseorang terpapar adenovirus.

Ia menambahkan, hepatitis akut ini sangat serius dikarenakan beberapa anak meninggal dunia, bahkan 10 dari 145 pasien dengan hepatitis akut di Inggris memerlukan transplantasi hati.

Belum ada tes yang dapat memastikan diagnosis hepatitis akut misterius ini.

Akan tetapi, syaratnya adalah pasien harus negatif terhadap virus hepatitis A, B, C, D, E, dan dengan kadar enzim transaminase lebih dari 500 unit per liter.

Menurut WHO, rentang usia pasien yang diidentifikasi mengalami hepatitis akut misterius tersebut, sejauh ini ditemukan di antara bayi berusia satu bulan hingga remaja berusia 16 tahun.

Penyebaran adenovirus

Biasanya adenovirus menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui:

  • Kontak pribadi yang dekat seperti menyentuh atau berjabat tangan
  • Udara melalui batuk dan bersin
  • Menyentuh benda atau permukaan yang terpapar adenovirus kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata
  • Untuk perlindungannya, dapat dilakukan dengan sering-sering mencuci tangan memakai sabun dan air selama 20 detik.

Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci, termasuk menghindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit dan tetap di rumah ketika sakit.

Terapkan etika batuk dan bersin, serta hindari berbagi cangkir dan peralatan makan dengan orang lain.

Lakukan upaya-upaya tersebut untuk mencegah penularan dan infeksi hepatitis akut misterius pada anak, yang belum lama ini menyebabkan 3 anak meninggal dunia karena infeksi radang hati yang parah. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar