Ilmuwan Kembangkan Alat Ubah Air Laut Menjadi Air Minum

ilustrasi ilmuan

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT), Jongyoon Han bersama rekannya berhasil menemukan cara bagaimana mengubah air laut menjadi air minum. Alat yang mereka kembangkan itu bernama ICP Water Tech in.

Menariknya, teknologi ini menggunakan sedikit energi dan dapat ditenagai oleh panel surya portabel kecil senilai sekitar US$50.
Dilaporkan Ubergizmo, Rabu (4/5), mereka dapat membuat 0,3 liter air minum per jam menggunakan sekitar 20 watt listrik dengan menggunakan terobosan inovasinya.

Bahkan menurut laman Techxplore memperkirakan bahwa alat canggih tersebut akan melebihi standar kualitas Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).
Secara teknis, perangkat tersebut tidak hanya mampu menyaring partikel garam malah diklaim sanggup mengusir bakteri dan virus menggunakan medan listrik, sehingga mengisolasinya dalam air yang nantinya akan dibuang.

Meski begitu, saat ini, ICP Water Tech belum dijadikan produk komersial. Namun, prototipe-nya bisa berfungsi dengan baik dan menjadi konsep untuk pengoptimalan di masa depan.
(mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar