Rusia Klaim Hancurkan Dua Lagi Lapangan Udara Militer Ukraina

Dampak serangan Rusia ke Ukraina

TRANSKEPRI.COM.KIEV- Rusia mengklaim telah menghancurkan dua lapangan udara militer Ukraina yang berada di kota Lutsk dan Ivano-Frankivsk.

Hal itu diutarakan oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov seperti dilansir dari Reuters pada Jumat (11/3). Disebutkan pasukan Rusia melancarkan serangan jarak jauh terhadap dua pangkalan udara militer tersebut.

Konashenkov juga mengatakan pasukan Rusia telah menghancurkan 3.213 instalasi militer Ukraina sejak serangan yang dilabeli 'operasi militer khusus' ke Ukraina sejak 24 Februari lalu.

Pangkalan udara ini merupakan markas dari Brigade Penerbangan Taktis ke-204 Ukraina. Pangkalan udara ini digunakan untuk menerbangkan pesawat tempur, Mikoyan MiG-29/UB dan Aero L-39C Albatross.Lapangan udara militer di Lutsk merupakan pangkalan udara untuk Angkatan Udara Ukraina yang terletak di dekat Lutsk, Volyn Oblast.

Sedangkan lapangan udara Ivano-Frankivsk adalah bandara internasional yang sudah beroperasi sejak 1992. Lapangan udara ini juga menjadi markas bagi Brigade Penerbangan Taktis ke-114 dan menjadi tempat untuk jet tempur, Mikogyan MiG-29.

Pada 24 Februari atau seiring invasi yang dilakukan Ukraina, bandara ini ditutup untuk penerbangan sipil. Pada hari yang sama, lapangan udara Ivano-Frankivsk dihantam oleh rudal Rusia.

Perang Rusia dan Ukraina hingga hari ini telah memasuki hari ke-16. Berdasarkan informasi hingga Kamis (10/3), Ukraina mengklaim lebih dari 12 ribu tentara Rusia tewas meski pihak Rusia menyatakan hanya ada sekitar 498 tentara mereka yang tewas dan mengklaim telah menewaskan 2 ribu tentara Ukraina. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar