Trump Perintahkan Tembak Kapal Perang Iran

Salahsatu kapal perang milik AS tengah mengarungi lautan

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menginstruksikan kepada militer AS untuk menyerang dan menghancurkan kapal Iran mana pun yang mengganggu kapal-kapal Angkatan Laut AS.

"Saya telah menginstruksikan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menembak jatuh dan menghancurkan setiap dan semua kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal kami di laut," kata Trump di Twitter.

Pernyataan itu dikeluarkan beberapa jam setelah Teheran meluncurkan satelitnya.

Pada pekan lalu sekitar 11 speedboat kecil Korps Revolusi Pengawal Iran bersenjata mengerumuni kapal-kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS di perairan internasional di Teluk utara.

Insiden itu terjadi ketika kapal-kapal AS terlibat dalam latihan sebagai bagian dari patroli mereka di wilayah tersebut.

Dalam peristiwa itu, tidak ada penembakan, tetapi Pentagon mengatakan Iran cukup bertindak yang membahayakan bahkan menjadi provokatif yang berisiko tabrakan atau lebih buruk.

Kapal-kapal Korps Pengawal Revolusi Iran itu telah berulang kali melintasi busur dan buritan kapal AS, bahkan dengan jarak yang sangat dekat dan kecepatan tinggi. Mereka datang pada satu titik dalam jarak 10 yard (sembilan meter) dari busur satu, melansir Arab News, Rabu (22/4).

Mereka mengabaikan peringatan dari kapal AS. Kapal-kapal IRGC Navy yang jauh lebih kecil itu terus mengerubungi kapal AS dan baru bubar setelah ada peringatan dari komunikasi radio.

Sebaliknya, Pengawal Revolusi telah menuduh Angkatan Laut AS bertidak tidak profesional dan provokatif, yang telah mengganggu latihan mereka sendiri, menurut Mehr News Agency.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar