Mari Tengok Festival Perang Air di Meranti

Pembukaan festival Perang Air di Selat Panjang, Meranti

TRANSKEPRI.COM.SELATPANJANG- Iven Wisata Peraih Penghargaan Pesona Indonesia Kategori Wisata Terpopuler, Festival Perang Air (Cian Cui) 2020  resmi dibuka Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim, Senin (25/01/20) di Halaman Hotel Grand Indo Baru, Selatpanjang.

Pencetus Ivent Perang Air di Meranti Uyung Meranti mengatakan, Iven Perang Air yang  telah dilaksanakan sejak tahun 2013 lalu, digelar dalam rangka memelihara potensi budaya daerah.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengucapkan selamat pulang kampung kepada warga Tiong Hoa Meranti dari seluruh penjuru dunia, seperti diketahui Ivent Cian Cui acapkali dijadikan moment balik kampung warga Tiong Hoa asal Meranti dari berbagai penjuru dunia. Dari catatan Dinas Pariwisata Meranti tiap tahun sedikitnya 25 ribu wisatawan masuk ke Kota Selatpanjang, mereka berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, Australia dan lainnya.


"Selamat datang, selamat balik Kampung kepada Saudara Tiong Hoa, mari bersukaria dalam acara Cian Cui ini," ucap Wabup yang disambut gembira oleh semua peserta.


Lebih jauh dikatakan Wakil Bupati, sebagai warga Meranti kita harus berbangga karena daerah ini telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Yakni Ivent Wisata Perang Air yang sudah dikenal sejak dahulu kala oleh masyarakat Meranti.


Diceritakan Wabup, Perang Air sudah dikenal oleh masyarakat Meranti sejak tempo dulu untuk mengekspresikan kegembiraan perayaan Idul Fitri dengan melakukan siram-siraman air, berangkat dari kebiasaan itu kini oleh masyarakat Tiong Hoa kembali disemarakkan dengan nama Cian Cui yang bertepatan dengan perayaan Imlek.

"Jadi Perang Air ini tidak ada hubungan dengan ritual keagamaan tetapi lahir dari kearifan lokal yang merupakan kebiasaan masyarakat sejak puluhan tahun lalu yang dikemas sedemikian rupa oleh masyarakat Tiong Hoa dan kebetulan bertepatan dengan perayaan Imlek," jelas Wakil Bupati (tm)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar