mobile

Google: Orang Indonesia Suka Konsumsi Konten dari Berbagai Platform

Ilustrasi live streaming

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA -  Masa pandemi Covid-19 tidak dimungkiri telah membuat orang lebih lebih banyak beraktivitas di rumah. Kondisi ini secara tidak langsung mendorong mereka mencari berbagai cara kreatif untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja, salah satunya adalah mengonsumsi konten.

Hal itu dapat dilihat dari laporan Google Year in Search 2021 yang menemukan orang Indonesia selama 2021 mengonsumsi konten lebih beragam lewat berbagai jenis platform. Itu diketahui dari penelusuran konsumen Indonesia yang mencari kuota data tambahan khusus untuk jenis media tertentu ternyata cukup tinggi.

Berdasarkan laporan itu, Google mencatat ada pertumbuhan minat penelusuran untuk kuota streaming sebesar 500 persen. Minat penelusuran tertinggi berasal dari Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Jawa Barat, termasuk kota seperti Jambi dan Bandar Lampung.

Laporan itu juga mencatat ada penelusuran penyedia merek over-the-top yang meningkat hingga 44 persen selama tahun lalu. Selain itu, minat penelusuran kuota multimedia juga meningkat 280 persen.

"Minat penelusuran tertinggi berasal dari wilayah Papua, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat," tulis Google dalam laporannya. Ada pula peningkatan minat penelusuran terkait anime 63 persen, streaming sinetron 55 persen, serta film indonesia 17 persen.

Laporan Year in Search Google juga menemukan orang Indonesia senang menonton konser online di 2021. Hal itu dapat dilihat dari minat penelusuran konser virtual yang meningkat 133 persen sepanjang tahun lalu.

Lalu saat perayaan hari besar, orang Indonesia diketahui sering menonton konten bersama-sama untuk mempererat hubungan dengan orang yang mereka sayangi. Google menemukan selama bulan Ramadan, 7 dari 10 orang Indonesia menonton lebih banyak konten video online.

Tidak hanya itu, orang Indonesia juga diketahui menginginkan konten yang modern dan segar yang terlihat dari minat penelusuran YouTube untuk series baru meningkat 42 persen.

Sementara pencarian 5 film dan acara TV teratas yang dicara orang Indonesia secara online pada 2021 adalah Squid Game, Ali & Ratu-Ratu Queens, Jingga & Senja, Hometown Cha-Cha-Cha, serta Vincenzo.

Google: Orang Indonesia Gemar Jalani Gaya Hidup Digital Hybrid
Untuk diketahui, Google kembali mengungkap perilaku konsumen melalui laporan Year in Search 2021: Look Back to Move Your Business Forward. Laporan ini merupakan edisi keempat yang berisi informasi mengenai tren konsumen termasuk lima tema terbesar lanskap konsumen di 2021.

Adapun laporan ini disusun berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020-Agustus 2021), eConomy 2021, serta Google Destination Insight (November 2020-Oktober 2021). Salah satu tren yang diketahui berdasarkan laporan ini adalah peralihan masyarakat Indonesia ke platform digital.

"Makin banyak orang beralih ke online karena adanya pembatasan. Pengguna baru internet saat ini pun diketahui akan terus memanfaatkan platform digital seterusnya," tutur Head of Ads Marketing, Google Indonesia, Yolanda Sastra dalam konferesi pers virtual, Selasa (22/2/2022).

Menurut Yoland, data dari eConomy SEA 2021 menunjukkan ada 21 juta konsumen digital baru di Indonesia pada paruh pertama 2021. 72 persen di antaranya ternyata berasal dari wilayah non perkotaan di Indonesia.

"Konsumen Indonesia sudah beradaptasi dengan dunia digital yang hybrid. Awalnya ada dari mereka yang terpaksa untuk memakai internet untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, tapi sekarang banyak dari mereka benar-benar telah beralih ke dunia digital," ujar Yolanda menjelaskan.

Peningkatan gaya hidup digital itu juga terlihat dari hasil pencarian online yang dilakukan pengguna internet Indonesia. Google mencatat ada kenaikan pencarian mengenai transformasi digital hingga 64 persen di tahun lalu.

Selain itu, pencarian untuk melakukan daftar online bagi pelaku bisnis juga meningkat hingga 61 persen. Tidak hanya itu, pencarian yang berhubungan dengan promo untuk pengguna baru turut tumbuh hingga 195 persen.
Konsumen Indonesia Lakukan Riset Online
Google turut mencatat, konsumen Indonesia kini banyak memanfaatkan internet untuk melakukan riset terhadap produk yang diinginkannya.

Hal itu dapat dilihat dari pencarian produk berkualitas tumbuh 135 persen, sedangkan pencarian mengenai produk paling baru naik hingga 79 persen.

Mengingat riset erat kaitannya dengan pengalaman terhadap suatu produk, pencarian ulasan produk pun tumbuh pesat hingga 242 persen di 2021. Pencarian soal scan harga untuk produk yang dijual online pun tumbuh hingga 55 persen.

Ketertarikan konsumen Indonesia terhadap event belanja online pun terbilang tinggi. Google mencatat ada sejumlah wilayah di Indonesia yang memperlihatkan peningkatkan pencarian untuk brand e-commerce, yakni Jawa Barat, Bali, Kalimantan Selatan, Maluku, serta Nusa Tenggara Barat.
(lpt6)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar