Menjelajah Keindahan Laut di Desa Wisata Keciput

Desa Wisata Keciput di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Kepulauan Bangka Belitung dikenal dengan wisata alamnya yang indah. Salah satunya ada di Desa Wisata Keciput yang berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Dikutip dari Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Senin, 28 Februari 2022, desa wisata ini ada di kawasan wisata Pantai Tanjung Kelayang. Ini adalah kawasan ekonomi khusus (KEK) dengan keunggulan geostrategis, yakni berada antara Indonesia dan negara ASEAN yang merupakan target captive market.

Desa Wisata Keciput memiliki destinasi wisata bahari dengan pantai berpasir putih. Panoramanya yang eksotis siap memanjakan mata wisatawan yang datang.

Selain itu, wisatawan juga dapat snorkeling di Pulau Lengkuas. Untuk menuju ke sana menggunakan perahu wisata tradisonal dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Wisatawan akan dibekali dengan perlengkapan keamanan, seperti life jaket, kacamata dan fins. Tarif untuk snorkeling dimulai Rp550 ribu.

Ada pula paket diving dengan tarif Rp1,5 juta per pax. Tarif ini untuk satu kali penyelaman yang yang dipandu oleh pemandu lokal yang sudah bersertifikat.
Pantai Tanjung Kelayang
Ada pula pelepasan tukik yang dilakukan di pinggir Pantai Tanjung Kelayang. Pelepasan tukik ini juga dapat dilaksanakan di pulau-pulau sekitar sebagai salah satu upaya pelestarian penyu-penyu yang hidup di habitatnya di laut lepas.

Tersedia pula education tourism, yakni paket belajar membatik tulis dengan tarif mulai Rp75 ribu. Paket ini berlangsung sekitar 2--3 jam yang dilakukan pukul 08.00--12.00.

Peserta dalam paket wisata ini minimal dua orang. Nantinya, wisatawan akan diajak membatik motif khas pesisir Tanjung Kelayang.

Produk Unggulan
Batik tulis Belitung di Desa Wisata Keciput dikelola oleh Bapak Suyanto Hadinoto yang diproduksi dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Produk batik ini dijual dengan tarif mulai Rp350 ribu.

Wisata edukasi lainnya adalah Belajar Ternak Madu Trigona dengan tarif mulai Rp120 ribu. Kegiatan ini dilakukan di kawasan hutan desa dengan pemandu langsung dari pengelola ternak madu Trigona. Produk Madu Trigona juga dijual dalam botol 250 ml.

Wisatawan juga dapat bermalam di Desa Wisata Keciput. Tempat penginapan dikelola oleh Pokdarwis Desa Wisata Keciput dan masyarakat dengan pelayanan yang maksimal dan sajian menu-menu kuliner tradisional Belitung dengan tarif mulai Rp250 ribu.

Tak ketinggalan wisata kuliner yang menggugah selera di Desa Wisata Keciput. Adalah Makan Bedulang dengan tarip Rp250 ribu untuk empat orang dengan paket makan terdiri dari nasi putih, sup gangan ikan, ayam ketumbar, lalapan, sambal terasi, air putih, dan makanan penutup atau buah potong.

Ada pula Paket Khas Kuliner Seafood Belitung dengan harga mulai Rp100 ribu. Kuliner seafood di Desa Wisata Keciput ini berasal dari kekayaan laut lokal yang menjadi mata pencarian utama nelayan di desa ini.

(lpt6)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar