UEFA Resmi Batalkan Final Liga Champions di Rusia

Final Liga Champions

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- UEFA resmi membatalkan pertandingan Final Liga Champions 2022 di Rusia. Konflik yang terjadi di perbatasan Ukraina-Rusia menjadi alasan utama UEFA dalam memutuskan hal tersebut.

Sebagai gantinya, UEFA menunjuk Prancis sebagai lokasi partai Final Liga Champions 2022. UEFA kemudian memilih Stadion Parc de Princess di Paris, Prancis untuk menyelenggarakan laga final Liga Champions musim ini.

Hal itu dipastikan setelah UEFA menggelar rapat komite eksekutif (Exco) pada Jumat 25 Februari 2022 waktu setempat.

"Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memindahkan final Liga Champions putra UEFA 2021-22 dari Saint Petersburg ke Stade de France di Saint-Denis," ujar keterangan resmi UEFA, dikutip dari Dailymail.

Awalnya laga Final Liga Champions akan digelar pada Sabtu 28 Mei 2022 di stadion Saint Petersburg, Rusia. Namun, sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi skala penuh ke Ukraina, pertimbangan memindahkan venue demi keamanan para pemain pun mencuat.

"UEFA ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron atas dukungan dan komitmen pribadinya untuk memindahkan pertandingan paling bergengsi sepak bola klub Eropa ke Prancis di tengah krisis seperti ini," ujar pernyataan UEFA.

"Bersama dengan pemerintah Prancis, UEFA akan sepenuhnya mendukung upaya multi-stakeholder untuk memastikan keselamatan para pemain sepak bola dan keluarga mereka di Ukraina yang menghadapi penderitaan manusia yang mengerikan, kehancuran dan pengungsian," tutur keterangan UEFA.

Di samping itu, UEFA juga mengumumkan bahwa klub-klub Rusia dan Ukraina akan memainkan pertandingan kandang di tempat netral.

Klub Rusia Spartak Moscow akan merasakan dampak dari keputusan ini.

Spartak Moscow masih bermain di babak 16 besar Liga Europa dan Nations League yang berlangsung pada bulan Juni. Mereka dipastikan tidak dapat menggelar pertandingan di stadion milik mereka sendiri.

"Pada pertemuan hari ini, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan bahwa klub dan tim nasional Rusia dan Ukraina yang bersaing di kompetisi UEFA akan diminta memainkan pertandingan kandang mereka di tempat netral sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata keterangan resmi UEFA. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar