Sama-sama Paloh, Apa Surya dan Syamsul Kerabat?

Duo Paloh: Surya Paloh dan Syamsul Paloh

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Nama Surya Paloh sudah dikenal di pentas Nasional. Selain merupakan Ketua Umum Partai Nasdem, pria yang khas dengan brewoknya ini, juga merupakan pemilik televisi nasional, MetroTV.

Bagi warga Batam, jika mendengar nama Paloh, selain ingat Surya Paloh, juga ingat dengan pemilik nama Syamsul Paloh. Saat ini Syamsul Paloh menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam. Selain itu juga dikenal sebagai aktivis anti Narkoba dan memegang jabatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Provinsi Kepri.

Banyak orang bertanya, apakah antara Surya Paloh dan Syamsul Paloh adalah dua orang bersaudara. Apalagi keduanya berasal dari provinsi yang sama, yakni Nangroe Aceh Darussalam atau semata karena nama keduanya kebetulan sama?

" Ya, saya punya hubungan kekerabatan dengan Surya Paloh dari jalur Ayah. Kami sama-sama berasal dari Gampong atau Desa Paloh, Siglie, Aceh  Pidie dan kami sama-sama memiliki garis keturunan Pang Hasan (Panglima Hasan), pahlawan pergerakan Aceh pra Kemerdekaan," ujar Syamsul.

Tentang nama Paloh,  Syamsul mengatakan dirinya berhak menggunakan selaku keluarga yg memiliki hubungan keturunan dengan Panglima Hasan. Bahkan sang bapak Syamsul juga bernama Ibrahim Paloh yakni seorang purnawirawan perwira TNI AD.

" Nama Paloh saya dapat dari keturunan Ayah saya Ibrahim Paloh. Dan Surya Paloh juga dari bapaknya Muhammad Daud Paloh  yang merupakan seorang purnawirawan perwira Polri yang bertugas di NAD dan Sumatera Utara pada awal kemerdekaan," terang Syamsul. 

Jika dari jalur Ayah, Syamsul memiliki darah Aceh. Ternyata dari jalur sang Ibunda, Syamsul memiliki darah Batak. Darah Batak mengalir dari  sang ibu, Syaidah boru Tobing yang kakek Syamsuddin Lumban Tobing dan sang nenek Hj Sutinah boru Panggabean berasal dari Tarutung Tapanuli Utara.

" Selain berdarah atau memiliki garis keturunan Aceh dari bapak, saya juga memiliki garis keturunan Batak dari jalur ibu," terang Syamsul. (tm)

 

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar